Jitunews.Com
12 April 2019 14:36 WIB

Jonan Resmikan PLTMG MPP Flores 20 MW

Pembangunan PLTMG Flores 20 MW ini sebagai bukti Pemerintah mendorong penggunaan gas dan mengurangi penggunaan minyak

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan (Dok. KESDM)

Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Josef Nai Soi, sangat mengapresiasi kinerja pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM dan PLN.

"Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada semua pihak terutama ESDM dan PLN, pembangunan kelistrikan ini tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan geliat ekonomi di Labuan Bajo khususnya, dan NTT pada umumnya," kata Josef Nae Soi.

Sementara, Dirreg JTBN, Djoko Abumanan, mengatakan bahwa selain melalui pembangunan ini, PLN juga akan memberikan sambungan listrik gratis untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di NTT.



Pantau Pasokan Listrik, Jonan Pastikan Pemilu Tak Ada Gangguan

"Dengan 1.168.785 rumah tangga (RT), provinsi NTT memiliki Rasio Elektrifikasi (RE) 71% hingga Maret 2019, disamping melalui pembangunan ini, untuk mencapai target rasio elektrifikasi sebanyak 90% pada 2019, PLN memberikan bantuan sambung listrik gratis bagi 11.000 Kepala Keluarga di NTT dan membangun PLTS Komunal di 11 lokasi tersebar di NTT," kata Djoko.

Adapun sistem kelistrikan Wilayah Nusa Tenggara Timur dibagi menjadi 2, yaitu Sistem Kupang dan Sistem NTT Isolated yang terdiri atas 14 sistem kecil per tanggal 7 April 2019.

1. Sistem Kupang
Daya Mampu: 112,22 MW
Beban Puncak: 86,50 MW
Cadangan: 25,72 MW

2. Sistem NTT Isolated
Daya Mampu: 82,13 MW
Beban Puncak: 70,66 MW
Cadangan: 11,47 MW

Diharapkan, melalui pembangunan infrastruktur kelistrikan di NTT ini, dapat memperkuat pasokan dan kehandalan sistem kelistrikan Wilayah NTT, meningkatkan rasio elektrifikasi, dan geliat ekonomi di NTT semakin tumbuh.

Kata Arcandra, Ini Empat Tantangan Utama dalam Pengembangan Lapangan Offshore
Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita