Jitunews.Com
12 April 2019 11:33 WIB

Tahun Ini, PLN Targetkan Pembangunan Transmisi Lisrik Sumatra Bagian Utara dan Selatan Kelar

Karena transmisi antara Sarulla dan Simangkok belum selesai, maka pendistribusian listrik dari PLTP Sarulla dilakukan memut

Ilustrasi, pembangkit listrik. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT PLN (Persero) menargetkan pembangunan transmisi 275 kilovolt (kV) yang menghubungkan Sumatera bagian Selatan hingga Utara selesai tahun ini.

Direktur Bisnis Regional Sumatra PLN, Wiluyo Kusdwiharto, mengatakan bahwa tol listrik tersebut akan terhubung dari Lahat, Sumatera Selatan, hingga Galang, Sumatra Utara.

Saat ini, hanya satu sambungan yang masih dikerjakan, yakni dari Sarulla ke Simangkok. Jaringan transmisi 275 kV tersebut sebagian besar telah selesai dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.



Ditanya Bukti Perampokan Garuda, Pertamina, PLN, Prabowo Ketiga Kalinya Bilang, "Bukti Ndasmu!"

“Kita harapkan akhir tahun ini selesai. Tinggal satu section dari Sarulla ke Simangkok yang belum selesai. Ini yang akan dikejar tahun ini,” ujar Wiluyo, di Gardu Induk (GI) Takengon, Aceh, sebagaimana diwartakan bisnis.com.

Adapun, GI untuk jaringan transmisi tersebut akan tersebar mulai dari Lahat, Muara Enim, Lubung Linggau, Muara Bungo, Padang Sidempuan, Sarulla, Simangkok, hingga Galang.

Wiluyo mengungkapkan, karena transmisi antara Sarulla dan Simangkok belum selesai, maka pendistribusian listrik dari PLTP Sarulla dilakukan memutar. Apabila telah tersambung, pendistribusian listrik akan menjadi lebih efisien.

“Dari Sarulla itu muter ke Padang Sidempuan, ke Riau, kemudian ke Medan lewat sisi Barat. Kalau (Sarulla-Simangkok) sudah selesai, tinggal langsung,” katanya.

Adapun, untuk transmisi 500 kV masih dalam pembangunan. Transmisi tersebut diperkirakan bisa selesai pada 2022.

Sementara itu, EVP Kontruksi Sumatra PLN Adi Lumakso mengungkapkan total panjang jaringan 275 kV tersebut mencapai 2.223 kilometer sirkuit (kms). Nilai investasinya sekitar Rp30 per kms.

“Pembangunannya jalan terus. Untuk 275 kV investasinya per kms sekitar Rp30 miliar. Kalau total panjangnya 2.223 kms,” tuturnya.

Hore! PLN Hapus Pemadaman Listrik Bergilir

Halaman:
  • Penulis: Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita