Jitunews.Com
1 April 2019 12:19 WIB

Ekspor Komoditas Pertanian Kian Deras, Empat Wilayah Ini Buktinya

Kementan juga mendorong generasi muda agar mau terjun langsung baik ke sektor peternakan maupun pertanian.

Ilustrasi buah dan sayuran. (Shutterstock)

Ekspor dari Sumatera Utara

Dari Sumatera Utara, Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima bersama Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani (Kapus KH) Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementan Agus Sunarto melepas ekspor komoditas pertanian Sumatera Utara ke sejumlah negara. Pelepasan ini dilakukan di Pelabuhan Multipurpose Kuala Tanjung.

"Mari kita ajak petani Sumut untuk menggarap potensi ekspor komoditas pertanian dengan serius. Apalagi Sumut adalah daerah yang memiliki komoditas berpotensi menembus pasar ekspor dunia," kata Wakil Bupati, Oky Iqbal Frima.



Kementan Garap Potensi Santri Tani Milenial Sumenep

Kepala Karantina Tanjungbalai, Asahan Bukhuri, menjelaskan, sejauh ini ada lima produk ekspor unggulan yang tengah digarap serius di wilayahnya. Kelima produk itu masing-masing terdapat di Kabupaten Batubara Asahan, Tanjungbalai, dan Labuhanbatu Utara.

"Dari semua wilayah itu, komoditas minyak kelapa sawit penyumbang ekspor di Sumatera Utara. Komoditas tersebut telah diekspor ke beberapa negara seperti Ukrania, Jordania, Brazil, Asia, Eropa, dan Afrika," katanya.

Data ekspor minyak sawit selama empat tahun terakhir terus mengalami peningkatan. 2016 misalnya, data yang ada menunjukan sebanyak 607 juta kilogram dengan nilai Rp5,5 triliun berhasil diekspor.

Kemudian pada 2017 totalnya mencapai 709 juta kilogram dengan translasi senilai Rp6,5 triliun, 2018 sebanyak 460 juta kilogram senilai Rp4,5 triliun dan tahun berjalan 2019 sudah mencapai 110 juta kilogram senilai Rp1 triliun lebih.

"Kami juga menyerahkan sertifikat kesehatan tumbuhan (phytosanitary sertipecate) untuk kelapa parut sebanyak 50.400 kilogram, sapu lidi 146.776 kilogram, pisang 82.500 kilogram, dan domba ke Malaysia sebanyak 200 ekor," katanya.

Kementan Dorong Kabupaten Subang Jadi Lumbung Pangan Dunia

Halaman:
  • Penulis: Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita