Jitunews.Com
20 Maret 2019 15:13 WIB

Kemendag Cabut Aturan Verifikasi Teknis Ekspor Sawit

Permendag ini berlaku setelah tujuh hari diundangkan, pada 28 Februari 2019

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, Oke Nurwan, DIPL. ING. (Jitunews/Khairul Anwar)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 54 Tahun 2015 tentang Verifikasi Atau Penelusuran Teknis Terhadap Ekspor Kelapa Sawit, Crude Palm Oil (CPO), dan Produk Turunannya.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan, menilai, pencabutan Permendag ini untuk menyederhanakan proses dan meningkatkan efektivitas pelaksanaan ekspor komoditas produk kelapa sawit dan turunannya.

“Permendag ini berlaku setelah tujuh hari diundangkan, pada 28 Februari 2019,” kata Oke dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini.



Perketat Importasi Produk Ban, Kemendag Terbitkan Ini…

Pencabutan aturan ini tertuang dalam Permendag Nomor 17 Tahun 2019 tentang Pencabutan Permendag Nomor 54/M-Dag/Per/7/2015. Oke mengatakan, Permendag ini melanjutkan hasil keputusan rapat koordinasi bidang perekonomian di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian beberapa waktu lalu.

Dalam Permendag 54 Tahun 2015, setiap pelaksanaan ekspor kelapa sawit dan produk turunannya wajib melakukan verifikasi atau penelusuran teknis yang dilakukan oleh surveyor sebelum muat barang. Aturan ini pun dihapus dan tak berlaku lagi.

Untuk selanjutnya, ekspor komoditas sawit akan mengikuti ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 22 Tahun 2019 tentang Ekspor Kelapa Sawit, Crude Palm Oil (CPO), dan Produk Turunannya. Peraturan tersebut mulai berlaku tujuh hari sejak diundangkan yaitu pada 1 Maret 2019.

Pasal dua Peraturan Menteri Keuangan itu mengatakan, pejabat bea dan cukai dapat melakukan pemeriksaan fisik terhadap barang ekspor sawit. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melakukan pemeriksaan dengan cara pengujian laboratorium. Hasilnya, akan tertuang dalam bentuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

Kemendag Perbarui Ketentuan Wajib Label Beras Kemasan
Halaman:
  • Penulis: Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita