Jitunews.Com
13 Maret 2019 21:00 WIB

Apa Itu Kiai, Ustaz, Mufti dan Syekh? Cek Penjelasannya di Sini!

Kiai sangat populer di mata masyarakat Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menemui tokoh Islam berpengaruh di Mesir lainnya, Grand Mufti Mesir Prof Dr. Shawki Allam, Kamis (27/4). (Dok. Humas Kemenko PMK)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di dunia Islam, terdapat sejumlah pemuka agama dengan gelar-gelar tertentu.

Mereka antara lain Kiai, Ustaz, Syekh, hingga Mufti. Nah, apakah arti dari istilah-istilah tersebut?

Baca juga: Orang-Orang yang Akan Menangis Paling Hebat Jika Luffy Mati! Yang Pertama...



Yusuf Mansur: Macam Saya, Kacaunya Minta Ampun...

1. Kiai - Kiai adalah gelar bagi tokoh agama Islam yang digunakan oleh masyarakat Jawa. Umumnya, kiai identik dengan tokoh yang dituakan dan dihormati oleh masyarakat.

2. Ustaz - Di Indonesia, ustaz berarti guru agama atau seseorang yang mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat. Seorang ustaz umumnya telah menempuh pendidikan agama dalam level tertentu dan lulus dari pesantren atau sekolah-sekolah Islam. Sedangkan di tanah Arab, gelar ustaz justru berkedudukan sangat tinggi dan hanya diberikan pada para doktor yang bergelar profesor dan sudah mengabdikan dirinya dalam waktu lama.

3. Syekh - Di tanah Arab, Syekh berarti kepala suku, pemimpin, tetua, atau seseorang yang ahli agama Islam dan telah menempuh pendidikan agama dalam level tertentu di institusi yang diakui. Di Indonesia, gelar syekh merujuk pada tokoh agama Islam dengan keilmuan yang tinggi.

4. Mufti - Mufti adalah seorang tokoh agama Islam yang memiliki keilmuwan yang tinggi dan diakui serta memiliki wewenang untuk memberikan fatwa kepada umat Islam. Di beberapa negara, Mufti ditunjuk langsung oleh pemerintah negara tersebut dan pendapatnya sangat dihormati serta dijadikan rujukan oleh masyarakat.

Bukan di Arab atau Indonesia, Inilah Daerah dengan Populasi Muslim Terbesar!
Halaman:
  • Penulis: De Sukmono

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita