Jitunews.Com
25 Februari 2019 09:26 WIB

Wuih! Selama 2018, Pipa Gas PGN Bertambah Sepanjang…

PGN memiliki infrastruktur gas lebih dari 9.909 km atau setara dengan 95% dari jaringan pipa gas bumi hilir nasional.

Proyek pipa PGN. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sepanjang tahun 2018 infrastruktur pipa gas milik PT PGN bertambah sepanjang 2.456 km. Dengan begitu, PGN memiliki infrastruktur gas lebih dari 9.909 km atau setara dengan 95% dari jaringan pipa gas bumi hilir nasional.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, mengatakan, perusahaannya telah menyalurkan gas bumi ke 1.739 pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, 1.984 pelanggan komersial (hotel, restoran, rum h sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Serta 177.710 pelanggan rumah tangga yang dibangun dengan investasi PGN," kata Rachmat dalam siaran resmi, belum lama ini.



Pasca-Ledakan Mal Taman Anggrek, PGN Jamin Jaringan Pipa Gas Aman

Rachmat menjelaskan, pelanggan Gas Bumi PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong, Papua Barat.

Saat ini, PGN juga telah mengelola dan menyalurkan gas bumi untuk sektor transportasi melalui 10 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan 4 Mobile Refueling Unit (MRU).

Selain itu, untuk menunjang penyaluran serta kehandalan jaringan dan pasokan gas ke Pelanggan, PGN juga mengoperasikan 2 Floating Storage Regasification Unit (FSRU) yakni di Jawa Barat dan Lampung.

Diketahui, PGN mengakuisisi 51% kepemilikan saham pada Pertagas dari Pertamina tanggal 28 Desember 2018, transaksi akuisisi ini dibukukan dengan menggunakan metode penyatuan kepemilikan sesuai dengan PSAK 38 'Kombinasi Bisnis Entitas Sepengendali' karena PGN dan Pertagas merupakan entitas sepengendali dibawah Pertamina.

"Kami melakukan berbagai upaya efisiensi sehingga mampu mencetak laba di tengah kondisi perekonomian yang sedang mengalami perlambatan," tutup Rachmat.

Keren! Sub Holding Gas PGN Kantongi Laba Bersih Rp 4,34 Triliun
Halaman:
  • Penulis: Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita