Jitunews.Com
31 Januari 2019 17:57 WIB

Kembangkan Green Refinery, Pertamina Gaet Perusahaan Migas Italia

Pertamina dan ENI juga akan melanjutkan diskusi tentang potensi pembangunan green refinery di Indonesia untuk memproduksi HVO di Indonesia.

PT Pertamina melakukan kerjasama dengan perusahaan migas asal Italia, ENI, dengan menandatangani 3 kesepakatan di Roma, Itali, Rabu (30/1) (ist)

Lebih jauh, Budi mengatakan, Pertamina akan terus memaksimalkan sumber daya terbarukan lainnya seperti pemanfaatan algae untuk memenuhi permintaan energi yang terus meningkat, baik secara domestik maupun global serta pengendalian emisi CO2.

Menurutnya, CPO Processing Agreement ini adalah awal upaya Pertamina untuk melakukan Processing CPO di kilang ENI di Itali yang sudah berpengalaman sejak tahun 2014 untuk menghasilkan HVO (Hydrotreated Vegetable Oil) yang bisa digunakan sebagai campuran Diesel Fuel.

Selain itu, kata Budi, Pertamina dan ENI juga akan melanjutkan diskusi tentang potensi pembangunan green refinery di Indonesia untuk memproduksi HVO di Indonesia.



Kembangkan Panas Bumi di NTT, KESDM Gaet Konsorsium Asing

“Pertamina saat ini juga telah berhasil mengolah CPO dengan co-processing di refinery dengan pilot project di Kilang Plaju, Sumatera Selatan yang beroperasi pada Desember 2018. Kilang ini menghasilkan green fuel, green LPG dan green avtur dengan pemanfaatan CPO hingga 7,5 persen,” tuturnya.

Budi menambahkan bahwa Pertamina juga perlu melakukan kerjasama dengan perusahaan migas dunia yang sudah berpengalaman dalam pengembangan green energy untuk memproses CPO 100 persen menjadi green diesel maupun green avtur.

“Hal inilah yang melandasi kerjasama antara Pertamina dengan Eni. Eni memiliki keahlian di bidang teknologi Biorefineries di Italia dan bersama UOP memili linsensi teknologi Ecofining,” pungkasnya.

Kata Dubes Perancis, Ini Strategi Jitu Atasi Perubahan Iklim
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar,  Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita