Jitunews.Com
11 Januari 2019 17:56 WIB

Siap Beroperasi, Ini Manfaat Embung Pangandaran yang Dibangun KKP

KKP membangun embung seluas 4,1 hektar tersebut untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat melalui pola perikanan berbasis budidaya

Pembangunan embung yang dilakukan KKP di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, telah rampung dan mulai dimanfaatkan. (ist)

PANGANDARAN, JITUNEWS.COM - Pembangunan embung yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Kabupaten Pangandaran telah rampung dan mulai dimanfaatkan.

Sebelumnya, KKP membangun embung seluas 4,1 hektar tersebut untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat melalui pola perikanan berbasis budidaya, konservasi dan penampungan air untuk mitigasi bencana terutama banjir,dan kegiatan pariwisata.

Embung sendiri merupakan bangunan konservasi air berbentuk kolam untuk menampung air hujan dan air limpasan serta sumber air lainnya.



KKP Dukung Pengembangan Perikanan Budidaya di Kabupaten Sarolangun

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, mengatakan bahwa keberadaan embung di Pangandaran sangat strategis. Menurutnya, ada 3 aspek penting yakni ekonomi, lingkungan dan estetika.

Keberadaan embung sendiri, kata Slamet, dimaksudkan untuk menambah pendapatan masyatakat melalui kegiatan perikanan berbasis budidaya, berfungsi untuk penampung air dan pengendali banjir, disamping itu sebagai kawasan wisata nasional, dan dapat menambah daya tarik wisatawan.

"Saya optimis keberadaan embung ini akan mampu memberikan multiplier effect khususnya bagi masyarakat dan kepentingan daerah, apalagi Pangandaran ini kan sebagai kawasan strategis pariwisata di Jawa Barat bahkan nasional. KKP tentunya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemda setempat dalam penyediaan lahannya," ungkap Slamet, di Jakarta, Jumat (11/1).

KKP Bangun Broodstock Center Ikan Air Tawar di Musi Rawas

Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita