Jitunews.Com
9 Januari 2019 13:53 WIB

Catat! Ini Sederet Capaian Kinerja Minerba 2018

Dari bidang hukum, sambung Bambang, subsektor mineral dan batubara telah melakukan upaya untuk menyederhanakan regulasi

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono (Jitunews/Khairul Anwar)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono, menyampaikan, mengawali 2018, pihaknya telah melakukan amandemen PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara) dan KK (Kontrak Karya).

“Seluruh PKP2B yang berjumlah 68 PKP2B dan 29 KK telah melakukan amandemen, sisanya 2 KK belum melakukan amandemen kontrak,” jelas Bambang, saat menyampaikan Capaian Kinerja subsektor minerba tahun 2018 dan Outlook 2019, di Kantor Ditjen Minerba Jakarta, Rabu (9/1).

Bambang melanjutkan, perbaikan tata kelola pertambangan juga tidak hanya dilakukan dengan pembaruan atau amandemen perjanjian dan kontrak, melainkan juga fokus pada pembenahan izin usaha pertambangan.



BPH Migas Sebut Kuota Premium 2019 Tak Ditambah, Alasannya…

“Pada periode 2015- 018 Forum Korsup KPK dan Ditjen Minerba telah melakukan pencabutan terhadap 4.678 IUP, dan 5.131 IUP telah memiliki status Clean and Clear (CnC),” tegas Bambang.

Dari bidang hukum, sambung Bambang, subsektor mineral dan batubara telah melakukan upaya untuk menyederhanakan regulasi, dengan mencabut atau merevisi 32 regulasi dan mencabut 64 sertifikasi, perizinan, dan rekomendasi.

“Dari hasil penyederhanaan tersebut, diterbitkan 3 buah Peraturan Menteri baru yakni, Permen 11 tahun 2018 tentang Tata Cara Pemberian Wilayah Perizinan dan Pelaporan pada Kegiatan Usaha Pertambangan Minerba, Permen 25 tahun 2018 tentang Pengusahaan Pertambangan Minerba, dan Permen 26 tahun 2018 Pelaksanaan Kaidah Pertambangan yang Baik dan Pengawasan Pertambangan Minerba,” papar Bambang.

Sampah di Tangsel 'Sangat Genting', Airin Kebut Pembangunan PLTSa

Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita