Jitunews.Com
4 Januari 2019 08:38 WIB

Lebih Besar, SBY Lebih "Tahan Lama"?

SBY mungkin lebih "tahan lama" dari Jokowi.

SBY Family 1990 (Instagram @aniyudhoyono)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terbukti "unggul" dari Presiden ke-7 RI Joko Widodo alias Jokowi.

Pasalnya, SBY adalah presiden tertinggi dalam sejarah Indonesia (177 cm). Sedangkan Jokowi harus puas berada di urutan ke-2 dengan 175 cm.

Baca juga: Mahfud MD Ketiduran, Netizen: Saya Kecewa dengan Pak Mahfud!



Hal-Hal Lucu di Instagram @jokowi, Mulai dari Mantan Preman, Jokowo, Kowi, hingga Jowi!

Dari segi fisik pun tak bisa dipungkiri bahwa SBY jauh lebih besar dari sang mantan walikota Solo. Dari segi usia, Ketua Umum Partai Demokrat itu juga dipastikan lebih tua.

Lalu pertanyaannya, siapa yang lebih "tahan lama", SBY atau Jokowi? Mari kita bahas.

SBY diketahui tercatat sebagai Presiden RI sejak tahun 2004 hingga 2014. Itu berarti, SBY mampu bertahan sebagai RI-1 selama 10 tahun.

Sedangkan Jokowi saat ini sudah masuk tahun ke-5 sebagai presiden atau hampir separuh masa jabatan SBY.

Pada April nanti, masa depannya sebagai presiden akan ditentukan. Jika kalah, mantan walikota Solo itu harus rela memberikan kursi RI-1 kepada Prabowo Subianto.

Sekali lagi jika kalah, hal itu juga berarti SBY lebih "tahan lama" dari Jokowi. Bagaimana tidak? Jika Jokowi akhirnya hanya mampu bertahan selama 5 tahun, SBY dengan "serius" mampu bertahan selama 10 tahun.

Namun meski Jokowi menang pada Pilpres 2019, SBY sebenarnya masih tetap lebih "tahan lama". Pasalnya, Jokowi masih belum terbukti mampu menyelesaikan masa jabatan hingga tahun 2024.

Melihat fakta ini, tidak berlebihan jika SBY diberikan apresiasi sebagai satu-satunya Presiden Indonesia yang paling "tahan lama" pasca reformasi. Karena seperti tercatat dalam sejarah, belum pernah ada presiden pasca Pak Harto yang mampu melakukannya.

Betul Kawan Jitu? (DNS)

Tim Prabowo-Sandi Unggah Jadwal Debat, Netizen: Ga Bakal Gw Tonton!
Halaman:
  • Penulis: De Sukmono

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita