Jitunews.Com
3 Januari 2019 09:25 WIB

Fokus: Kunci Sukses Petahana Memenangkan Kontestasi Elektoral Pilpres 2019

Jokowi nggak usah terlalu baper dan reaksioner merespon genderang perang yang dimainkan sang penantang

Presiden RI Joko Widodo. (Reuters)

Hiruk-pikuk panggung politik nasional dua bulan terahir belum memberikan efek yang signifikan terhadap elektabilitas kedua pasangan capres.

Penting bagi kedua pasangan kandidat capres untuk lebih berhati-hati dalam mengelola komunikasi politik yang benar, membenahi manajemen kampanye dan manajemen isu agar tidak kontra-produktif, blunder terhadap elektabilitas masing-masing kandidat.

Jokowi sebagai incambent fokus saja pada prasasti dan monumen yang sudah dicapainya, nggak usah terlalu baper dan reaksioner merespon genderang perang yang dimainkan sang penantang.



Pemerintah Klaim Keberhasilan Pembangunan, Fadli Zon: Sangat Menggelikan

Keuntungan sebagai petahana banyak sekali, fokus main pada capaian dan target kerja yang sudah tercapai, sehingga tersampaikan dengan baik ke publik apa yang menjadi prestasi dan kinerja keberhasilan pemerintah, ujungnya masyarakat puas.

Apabila masyarakat puas dengan kinerja incambent (approval rating) maka rakyat akan kembali memberi kepercayaan berupa mandat legitimasi periode kedua dan lahir pemilih yang mantap betul (strong voter) memilih petahana.

Mari kita belajar, jangan masuk ke wilayah destruktif dengan menyerang karakter pribadi, jangan coba coba masuk ke zonasi pusaran air yang bisa menenggelamkan siapa pun.

Tak Sumbang Dana Kampanye Prabowo-Sandi, PKS: Kami Beri Bantuan yang Sangat Dahsyat

Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita