Jitunews.Com
31 Desember 2018 16:50 WIB

Kebijakan Jokowi di Sektor Pertanian Tak Miliki Konsep dan Konsistensi yang Jelas

Fadli menyatakan, secara garis besar ada dua masalah yang membuat kenapa sektor pertanian Indonesia terus-menerus terbelenggu

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (Jitunews/Latiko Aldilla Dirga)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mencatat, bidang pertanian di Indonesia menjelang tahun terakhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutny,a kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang pertanian tak memiliki konsep dan konsistensi yang jelas. Hal tersebut menyebabkan isu-isu pertanian di Indonesia masih tetap didominasi oleh wacana subsistensi, seperti ketahanan pangan dan sejenisnya.

“Janji untuk swasembada pangan tak tercapai, impor semakin dominan terutama untuk beras, gula, jagung, sampai garam,” ujar Fadli, di Jakarta, Senin (31/12).



Untuk Pendukung Jokowi, Fadli Zon: Bencana di Rezim Ini, Pertanda Apa? Warganet Jawab Hati Nuranimu Kemana?

Politisi Gerindra ini menyatakan, secara garis besar ada dua masalah yang membuat kenapa sektor pertanian Indonesia terus-menerus terbelenggu, tak mencapai banyak kemajuan. Dimana, yang pertama adalah soal konsep dan yang kedua adalah soal konsistensi.

Fadli menambahkan, terkait dengan konsep, Indonesia tak pernah memiliki desain kebijakan pembangunan pertanian yang komprehensif. Padahal, pertanian adalah tulang punggung negara, karena sebagian besar rakyat kita bekerja di sektor ini.

“Jika kita gagal merumuskan konsep kebijakan yang tepat, maka negara ini bisa ambruk,” tuturnya.

Andi Arief Tantang Jokowi Beri Mata, Novel Baswedan Angkat Bicara

Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar, Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita