Jitunews.Com
17 Desember 2018 23:20 WIB

Inilah Alasan Kenapa Durian Punya Bau yang Menyengat

Penjelasan ilmiah tentang asal dari bau durian.

Ilustrasi buah durian - internet ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dari sekian banyaknya buah, durian menjadi salah satu yang punya bau paling kuat sekaligus rasa yang enak. Disebut sebagai king of fruit, durian memang menjadi disukai banyak orang. Kendati demikian, tidak sedikit juga orang yang tidak suka makan buah ini.

Banyak alasan seseorang tidak suka makan buah berduri ini. Selain dari segi rasa, bau yang menyengat juga menjadi alasan seseorang enggan menyantap buah ini. Lantas, berasal darimana bau buah durian yang sangat menyengat itu?

Baca juga: Cara Praktis Merawat Tanaman Hias, Cocok untuk Kamu yang Sibuk



Karena Pemikirannya, Pekebun Ini Dijadikan Nama Maskot Durian  

Dilansir dari brilio.net (30/4), sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nature Genetics, mencoba mengurutkan genom durian untuk mengungkapkan tidak hanya dari segi bau durian saja tapi juga fakta menarik bahwa durian memiliki hubungan dengan kakao.

Patrick Tan, peneliti biomedis di Singapore's Dune-NUS Medical School dan rekannya Bin Tean Teh, memanfaatkan tiga teknik pengurutan genetik yang berbeda.

Setelah melewati proses yang panjang dengan salah satu teknik yang disebut Illumina itu, para peneliti mengidentifikasi variasi kecil pada tingkat dasar DNA, dan mendapatkan beberapa informasi cukup rinci.

Kisah di Balik Nama Durian Ripto Asal Trenggalek  

Halaman:
  • Penulis: Kesdik Bayu

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita