Jitunews.Com
5 Desember 2018 06:29 WIB

Jonan Teken Penetapan Tarif Listrik untuk Jamin Investasi

Dengan Permen ini, diharapkan proses bisnis penyediaan tenaga listrik yang selama ini dianggap lamban dapat diminimalisir

Ilustrasi. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, meneken Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 47 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penetapan Tarif Tenaga Listrik untuk menjamin investasi wilayah usaha.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, mengatakan, beleid tersebut menjadi pedoman dalam penetapan tarif tenaga listrik yang dibayar konsumen dari pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) untuk kepentingan umum yang memiliki Wilayah Usaha Penyedia Tenaga Listrik.

Agung mengatakan, Permen ini dilatar belakangi keberadaan sekitar 50 Wilayah Usaha Penyediaan Tenaga Listrik di Luar PT PLN (Persero), namun hanya beberapa Wilayah Usaha yang telah memiliki penetapan tarif tenaga listrik dari Pemerintah Daerah.



Harga Batubara Desember Rontok, Pemicunya Ini

Hal ini terjadi akibat Pemerintah Daerah belum dapat menetapkan tarif tenaga listrik karena harus mendapatkan persetujuan DPRD. Sebagai contoh di Kawasan Industri Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Penetapan tarif listrik oleh Gubernur harus mendapatkan persetujuan dari DPRD yang membutuhkan waktu lama dan proses panjang.

Sambut HUT ke-61, Pertamina Gelar Khataman Qur’an

Halaman:
  • Penulis: Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita