Jitunews.Com
19 November 2018 20:57 WIB

Papua Rasakan Nikmatnya BBM Satu Harga, Peran Pertamina Diapresiasi

Ongkos transportasi lebih murah secara proporsional. Dan manfaat lain, adalah penurunan harga sebagian barang dan kebutuhan pokok

BBM Satu Harga Sentuh Warga Waigama Papua Barat (ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat ekonomi Universitas Cendrawasih, Ferdinand Risamasu, mengungkapkan, program BBM Satu Harga yang dilaksanakan PT Pertamina (Persero) berdampak positif bagi perekonomian wilayah, seperti di Papua dan Papua Barat.

Adapun, kata Ferdinand, dampak tersebut terasa pada sektor logistik dan membantu kelancaran transportasi warga Papua.

"Program BBM Satu Harga, berdampak baik pada usaha dan bisnis transportasi, terlebih, yang berada di wilayah pegunungan. Ongkos transportasi lebih murah secara proporsional. Sedangkan manfaat lain, adalah penurunan harga sebagian barang dan kebutuhan pokok," ungkap Ferdinand, Senin (19/11).



Mantan Bos Pertamina Jadi Calon Kuat Kepala SKK Migas?

Dari berbagai manfaat program tersebut, Ferdinand menyebut bahwa peran Pertamina sangat besar, terlebih dalam mewujudkan program itu, BUMN tersebut juga harus menanggung biaya transportasi pada medan yang sangat sulit.

Apalagi, transportasi di Papua dan Papua Barat tidak hanya di darat namun juga laut dan udara.

Untuk titik BBM Satu Harga di Misool Utara Kabupaten Raja Ampat yang baru diresmikan pertengahan November 2018, dia mencontohkan, diperlukan waktu tempuh sekitar 17 jam dari Kota Sorong yang berjarak kurang lebih 207 km, dengan moda transportasi laut dan darat.

Pertamina EP ‘Sulap’ Sumur Migas Idle Jadi Sumur Idola

Halaman:
  • Penulis: Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita