Jitunews.Com
15 November 2018 08:45 WIB

Backpacker-an ke Solo Sendirian, Mengapa Harus Takut?

Wilayah Solo yang tidak terlalu luas serta keunikan budayanya membuat daerah ini layak untuk dipilih

Solo dikenal sebagai tujuan wisata (Wonderful Solo)

SOLO, JITUNEWS.COM - Ada orang yang gemar traveling bersama sejumlah orang dalam sebuah kelompok, ada pula yang lebih suka bepergian sendirian. Pilihan yang terakhir ini kerap dikenal dengan istilah solo traveling. Apa pun pilihan Anda, masing-masing menawarkan pengalaman yang seru asal dijalani dengan senang.

Salah satu destinasi wisata yang seru untuk dijelajahi dengan solo traveling adalah Kota Solo. Wilayahnya yang tidak terlalu luas serta keunikan budayanya membuat daerah ini layak untuk dipilih. Namun, apakah liburan dengan cara backpacker ke Solo termasuk aman? Berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

1. Persiapan itu penting sekali



Ikuti 5 Tips Ini Jika Ingin Backpacker-an ke Jayapura

Apa pun gaya traveling yang Anda pilih, persiapan adalah hal yang wajib dilakukan. Di dalamnya termasuk persiapan benda-benda yang harus dibawa, persiapan dana, hingga membuat itinerary yang tepat sesuai kebutuhan.
Jika bepergian sendirian, salah satu yang perlu diperhatikan adalah keamanan barang-barang yang dibawa. Akan lebih baik jika Anda memiliki tas khusus yang tidak terlalu mencolok untuk menyimpan uang atau dokumen penting. Miliki pula alat pengaman lain jika dirasa perlu, khususnya bagi traveler wanita.

2. Sampaikan rencana tersebut kepada orang terdekat

Jika Anda ingin berlibur ke Solo sendirian, jangan lupa untuk menyampaikan rencana tersebut kepada keluarga atau orang terdekat. Beritahukan garis besar rencana rute yang ingin Anda kunjungi. Jika perlu, beritahukan nomor kontak orang yang Anda kunjungi di Solo sehingga sewaktu-waktu dapat dihubungi oleh keluarga.

Memberitahukan rencana perjalanan kepada orang terdekat adalah salah satu bentuk perlindungan yang bisa Anda lakukan kepada diri sendiri. Beri kabar rutin supaya keberadaan Anda dapat terus dipantau.

3. Ketahui lokasi tempat-tempat penting

Anda bisa mengandalkan aplikasi peta untuk mengetahui hal ini. Namun, setidaknya ingatlah di luar kepala beberapa alamat penting. Salah satunya, lokasi penginapan, lokasi stasiun atau bandara, dan lokasi kantor polisi terdekat. Anda juga perlu tahu dimana terletak rumah sakit atau gerai ATM terdekat yang bisa diakses.

Dengan mengetahui lokasi tempat-tempat ini, Anda setidaknya tahu harus ke mana jika mengalami sesuatu yang tidak diharapkan. Jika perlu, simpanlah nomor telepon yang bisa diakses supaya mudah bagi Anda untuk menghubungi pihak terkait.

4. Waspadalah

Anda bisa bertemu siapa saja saat sedang berlibur, termasuk oknum yang ingin melakukan hal-hal yang tidak baik. Oleh karena itu, bersikaplah selalu waspada. Jika ada yang bertanya, apakah Anda bepergian sendirian, perhatikan situasinya. Pada beberapa situasi yang tampak kurang aman, Anda harus pandai berkelit dan berpura-pura bersama orang lain.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat solo traveling ke Solo dengan model backpacker-an. Tidak perlu merasa takut karena traveling itu sesungguhnya menyenangkan. Akan lebih baik lagi jika Anda berhasil mendapatkan tiket pesawat murah ke Solo, baik saat berangkat maupun pulang. Nah, untuk berburu tiket, Anda bisa berkunjung ke website Airy karena di sini tersedia promo tiket pesawat dari berbagai maskapai terbaik di Indonesia. Yuk liburan sekarang!

3 Tempat Wisata Instagrammable di Lombok
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita