Jitunews.Com
9 November 2018 09:59 WIB

Ketua DPR: Indonesia Berperan Aktif Jaga Perdamaian Dunia

Bamsoet menegaskan, Indonesia merupakan negara yang sangat peduli dengan perdamaian

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) (Jitunews/Khairul Anwar)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), menegaskan, politik luar negeri Indonesia diabdikan untuk membangun dunia yang damai, bebas dari konflik dan permusuhan, selain untuk mewujudkan dunia yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip kemanusiaan dan perdamaian.

“Sejarah mencatat bahwa Indonesia selalu menampilkan citra bangsa yang cinta damai. Karena itulah Indonesia selalu bersedia berperan aktif menjaga perdamaian dunia, sejalan dengan kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif," ujar Bamsoet dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Jumat (9/11).

Bamsoet menegaskan, dengan diangkatnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020 mewakili wilayah Asia-Pasifik, merupakan bentuk nyata kepercayaan komunitas internasional atas peran Indonesia menjaga perdamaian dunia.



Garda Penjaga KPK Desak Agus Rahardjo CS Tak Tergoda Dzolimi Ulama

“Dipercayanya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB merupakan salah satu prestasi besar Indonesia di kancah internasional. Pemerintahan Presiden Jokowi berhasil meyakinkan kepada negara-negara di dunia, bahwa Indonesia mampu memegang peran penting dalam menjaga perdamaian dunia,” tuturnya.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, Indonesia merupakan negara yang sangat peduli dengan perdamaian. Sebagai bangsa yang heterogen, terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan kepercayaan, Indonesia telah terbukti mampu menjadi bangsa yang toleran dan penuh kedamaian.

“Indonesia yang sangat majemuk dapat tumbuh menjadi negara demokrasi dan terhindar dari perpecahan, karena mempunyai platform bersama yang bernama Pancasila,” tuturnya.

“Pancasila menjadi payung dalam melindungi kemajemukan masyarakat Indonesia. Sehingga, kelompok mayoritas dan minoritas dapat hidup berdampingan secara rukun dan damai,” pungkas Bamsoet.

Perempuan Bravo 5 Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar,  Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita