Jitunews.Com
9 November 2018 09:04 WIB

Pertamina Bakal Bayar Signature Bonus Blok Rokan Tahun Ini

Pertamina belum bisa memastikan kapan penandatanganan kontrak Blok Rokan akan berlangsung

Blok Rokan (Twitter @jokowi)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – PT Pertamina (Persero) hingga saat ini belum juga memenuhi kewajibannya untuk membayar signature bonus Blok Rokan sebesar US$ 785 juta.

Tak hanya itu, Pertamina juga belum menyetor performance bonds sebesar US$ 50 juta atau 10% dari jumlah komitmen kerja pasti selama lima tahun di Blok Rokan sebesar US$ 500 juta.

Padahal, pemerintah telah mengumumkan Pertamina sebagai kontraktor dan operator baru di Blok Rokan pasca 2021 pada 31 Juli 2018 lalu. Terkait hal itu, Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Pertamina, Meidawati, mengatakan kewajiban itu akan dilunasi tahun ini.



Arcandra Bocorkan Obrolan Bos ExxonMobil dan Jokowi, Ternyata…

“Signature bonus kami bayar tahun 2018,” tutur Meida, sapaan akrabnya, di Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut, Meida mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan penandatanganan kontrak Blok Rokan akan berlangsung. Yang jelas, kata dia, hingga tahun depan, Pertamina belum ada rencana untuk melakukan transisi di Blok Rokan.

Alasannya, kontrak blok tersebut masih akan berlaku sampai tahun 2021. Hingga tahun tersebut Rokan masih akan dikelola oleh PT Chevron Pasific Indonesia.

“Saya bilang biasanya semua blok-blok terminasi itu kan operatornya hampir bisa dibilang tidak melakukan investasi karena takut enggak balik modal,” kata Meida, dikutip dari katadata.co.id.

 

Holding Migas Perkuat Kedaulatan Energi Nasional
Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita