Jitunews.Com
7 November 2018 16:55 WIB

Amien Curhat Diomelin Jonan, Gara-gara Ini Ternyata..

Amien bilang, Jonan marah lantaran 47 persen lapangan migas di Indonesia berumur 25 tahun

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi. (JITUNEWS/Johdan A.A.P)

JAKARTA, JITUNEWS.COM –Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi, mengungkapkan, dirinya kerap dimarahi Menteri ESDM, Ignasius Jonan.

Amien bilang, Jonan marah lantaran 47 persen lapangan migas di Indonesia berumur 25 tahun. Hal itu membuat produksi minyak dalam negeri terus turun tetapi biaya produksi malah meningkat.

Namun menurutnya, produksi di lapangan migas tua memang trennya terus menurun dan biaya terus naik.



Produksi Migas PHE di Atas Target, Pemicunya Ternyata…

"Grafik produksi turun, cost enggak turun, saya bagian kena (marah) terus sama bos saya, jadi menterinya pas di buntut (usia lapangan migas tua) aja. Coba di depan (saat awal kelola)," kata Amien di Jakarta, Rabu (7/11).

Ia mencontohkan, analisis dari lapangan migas Banyu Urip yang kini produksinya sedang tinggi-tingginya dan cost dapat ditekan dengan baik. Namun saat 20 tahun ke depan, dipastikan produksi lapangan Banyu Urip akan turun dan biayanya pun akan meningkat.

"Coba analisisinya Banyu Urip produksi naik, cost turun. Kan enak kan, tapi coba pegang Banyu Urip kira-kira 20 tahun lagi, ya sengsara juga," paparnya.

Amien melanjutkan, kondisi tersebut membuat Indonesia agak berisiko. Di mana, produksi minyak mengalami penurunan sedangkan konsumsi BBM harus dipenuhi. Karenanya, pemerintah terpaksa melakukan impor minyak dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Produksinya enggak jalan, impor jalan terus, konsumsi tetap. Jadi ya impor aja terus. Tantangan kita produksi naik, discovery besar tapi lama. Yang practical seperti apa, existing field (lapangan migas saat ini) dari statistik, 47 persen lapangan kita di atas 25 tahun umurnya sampai 50 tahun. Jadi kalau lihat produksi profil mature field (lapangan tua) itu sebenarnya bagian buntut saja," tuntasnya.

Begini Cara Jitu Pertamina EP Genjot Produksi Lapangan Migas Uzur
Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita