Jitunews.Com
2 November 2018 15:44 WIB

Singapura Hapus Sistem Ujian Akhir Agar Siwa Tidak Berkompetisi, Indonesia Kapan?

Indonesia kapan?

Ilustrasi UN / Ujian (quipper.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kita tahu bahwa di Indonesia, sistem Ujian Akhir Semester (UAS) dan Ujian Nasional (UN), masih jadi tolok ukur 'kecerdasan' siswa. Selain itu, ujian pun jadi salah satu cara untuk mengurutkan prestasi belajar anak di sekolah.

Dengan kata lain, ada persaingan antar siswa di sekolah. Siapa yang bisa mendapatkan nilai bagus saat ujian, maka siswa tersebut akan dapat predikat sebagai yang terbaik.

Baca juga: Cerita Mistis, Penyelam JT 610 Dipanggil Oleh Sosok Wanita di Dasar Laut



China Investasi Rp 6,7 Triliun untuk Proyek Petrokimia Iran

Kondisi seperti ini tidak akan kamu temukan lagi di Singapura, seperti yang diberitakan oleh Keepo.me. Pasalnya, negara yang sudah lama dikenal dengan sistem pendidikannya yang mumpuni ini baru saja mengumumkan jika mereka akan menghilangkan sistem ujian sekolah.

Dilansir dalam World Economic Forum, negara kecil ini rencananya akan mulai menghapus ujian untuk siswa tahun pertama dan kedua di tahun 2019 nanti. Sebagai penggantinya, mereka akan meminta siswa untuk berdiskusi, lebih banyak mengerjakan PR, dan mengerjakan kuis.

Dengan cara ini, mereka yakin siswa akan belajar di lingkungan yang tidak lagi kompetitif. Selain itu, penilaian guru pun akan dibulatkan, dan tidak akan lagi menggunakan penilaian desimal.

10 Kebohongan Rusia Atas Ukraina

Halaman:
  • Penulis: Kesdik Bayu

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita