Jitunews.Com
1 November 2018 19:46 WIB

KKP Komitmen Lakukan Budidaya Ikan Berbasis Blue Economy

Pendekatan Blue Economy akan mendorong pengelolaan perikanan budidaya secara efisien melalui kreativitas dan inovasi teknologi.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, pada kegiatan Ocean Our Conference (OOC) 2018 di Nusa Dua Bali, Selasa (30/10) (ist)

BALI, JITUNEWS.COM– Penerapan konsep Blue Economy (Ekonomi Biru) akan semakin memperkuat pengelolaan potensi akuakultur secara berkelanjutan, produktif dan berwawasan lingkungan.

Pendekatan Blue Economy juga akan mendorong pengelolaan perikanan budidaya secara efisien melalui kreativitas dan inovasi teknologi.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) berharap gagasan Blue Economy yang diterjemahkan sebagai pembangunan ramah lingkungan berkelanjutan dapat memberikan hasil yang optimal dan sumberdaya yang memberikan nilai tambah.



KKP Dongkrak Industri Patin untuk Garap Pasar Amerika dan Eropa

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, pada kegiatan Ocean Our Conference (OOC) 2018 di Nusa Dua Bali, Selasa (30/10) lalu, menyampaikan bahwa konsep Blue Economy mengajarkan bagaimana menciptakan produk nir-limbah (zero waste), sekaligus dapat menjawab tantangan kerentanan pangan melalui peningkatan produksi ikan, serta berkontribusi dalam peningkatan devisa negara melalui peningkatan volum dan nilai ekspor komoditas akuakultur.

Selain itu, mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Melalui konsep Blue Economy Akuakultur kita akan dapat membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat, mengubah kemiskinan menjadi kesejahteraan, karena sistem ekonomi konvensional sudah tidak mampu menyerap konsep hakiki pembangunan berkelanjutan,” jelas Slamet.

Sesuai dengan visi misi KKP, yaitu pengembangan kelautan dan perikanan yang berdaya saing dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat diantaranya adalah dengan pengembangan kawasan ekonomi dengan pendekatan Blue Economy.

TEI 2018 Jadi Momentum KKP Dongkrak Investasi di Sektor Kelautan dan Perikanan

Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita