Jitunews.Com
29 Oktober 2018 10:22 WIB

Ketua DPR: Sindikat Narkoba Internasional Terus Incar Indonesia

Bamsoet mengingatkan bahwa besarnya wilayah dan populasi Indonesia menjadi 'pasar gemuk' bagi para sindikat narkoba internasional.

Menkumham Yasonna Laoly dan Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) (Jitunews/Khairul Anwar)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), sangat prihatin dengan masih maraknya peredaran narkoba di Indonesia, sehingga belum bisa terbebas dari kondisi gawat darurat narkoba.

Menurutnya, berdasarkan survei Badan Narkotika Nasional dengan Universitas Indonesia mengenai jumlah pengguna narkoba di Indonesia di tahun 2017, sekitar 3,376 juta atau 1,71 persen penduduk Indonesia menggunakan narkoba.

Dari survei tersebut disebutkan kerugian ekonomi akibat narkoba mencapai Rp 84,7 triliun. Sekitar Rp 77,42 triliun terbuang untuk mengonsumsi narkoba, pengobatan dan biaya proses hukum.



Ketua DPR: Pemerintah Perlu Mereformasi Regulasi

"Negara melalui serangkaian kebijakannya terus memberantas peredaran narkoba. Gembong narkoba yang dihukum mati juga sudah tak terhitung jumlahnya, apalagi yang masuk penjara. Namun, efek jera seperti itu tidak memberikan reaksi apa-apa. Karenanya, perlu didorong penyadaran yang dilakukan organisasi masyarakat ke segala lapisan warga," ujar Bamsoet saat memberikan sambutan dalam acara ulang tahun sekaligus pelantikan Pengurus Pusat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT), di Jakarta, Minggu (28/10) malam.

Politisi Partai Golkar ini meyakini, segenap pengurus DPP dan DPD GRANAT bisa konsisten berjuang bersama masyarakat dalam memerangi narkoba. Sebagai sebuah bakti kepada Ibu Pertiwi dalam menjaga dan menyelamatkan anak-anak bangsa

"Tidak akan ada keberhasilan tanpa perjuangan yang tak mengenal lelah. Tak akan ada perjuangan tanpa kebersamaan. Organisasi masyarakat seperti GRANAT yang selama ini sudah terbukti konsistensinya, tak boleh kendur dalam berjihad melawan narkoba," tegasnya.

Aliansi Muslim Milenial Baca Yasin di Gedung KPK, Doakan Agus Rahardjo Agar...

Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar,  Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita