Jitunews.Com
25 Oktober 2018 14:23 WIB

KKP Dongkrak Industri Patin untuk Garap Pasar Amerika dan Eropa

KKP manfaatkan Integrated Cold Storage (ICS) untuk mendongkrak industrialisasi ikan patin nasional

Acara Temu Bisnis Pemanfaatan ICS Kabupaten Kampar yang mengangkat tema 'Mendukung Industri Patin Nasional', di Jakarta, Selasa (23/10). (KKP)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rifky Efendi Hardijanto, mengatakan, potensi pasar ikan patin Amerika dan Eropa terbuka lebar. Oleh karenanya, KKP ingin memaksimalkan pemanfaatan Integrated Cold Storage (ICS) untuk mendongkrak industrialisasi ikan patin nasional.

“Pangsa pasar ikan patin Amerika dan Eropa besar. Dan saat ini pasar itu kosong karena mulai ditinggalkan oleh Vietnam. Makanya ini potensi besar bagi Indonesia untuk mengisi kekosongan itu,” kata Rifky saat memberikan sambutan pada acara Temu Bisnis Pemanfaatan ICS Kabupaten Kampar yang mengangkat tema 'Mendukung Industri Patin Nasional', di Jakarta, Selasa (23/10).

Bicara sejarah, Rifky mengatakan, 20 tahun yang lalu Vietnam mencanangkan menjadi produsen patin dunia, yang mampu mengisi pasar patin dunia. Hanya saja, seiring berjalannya waktu, Vietnam tidak menjaga kualitas maka dari itu pasar Amerika dan Eropa tidak lagi impor patin dari Vietnam.



Benahi Sistem Logistik di Gorontalo, KKP Bangun Cold Storage Kapasitas 200 Ton

“Tentu saja ini peluang buat Indonesia, untuk garap pasar Amerika dan Eropa,” tambahnya.

Bicara produksi patin, berdasarkan per tahunnya, Vietnam mampu memproduksi patin sebanyak 1,195 juta ton, sedangkan Indonesia baru 437 ribu juta ton. Dan ekspor patin nasional memang belum terlalu tinggi karena untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

5 Tips Memilih Bibit Ikan Lele Berkualitas, Cara Ini Bikin Untung Besar!

Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita