Jitunews.Com
23 Oktober 2018 14:22 WIB

Harga Pakan Pabrikan Meroket, Pakan Mandiri Dilirik Pembudidaya Ikan

Kenaikan harga pakan dipicu oleh depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dan menyebabkan naiknya harga bahan baku pakan impor.

Pakan ikan mandiri (ist)

PASURUAN, JITUNEWS.COM - Pembudidaya ikan di Kabupaten Pasurun mulai merasakan dampak pengembangan pakan mandiri. Dampak yang paling signifikan yakni terdongkraknya nilai pendapatan budidaya akibat naiknya efesiensi produksi.

Sebelumnya, secara umum pembudidaya ikan mengeluhkan lonjakan cost produksi akibat naiknya harga pakan pabrikan di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, kenaikan harga pakan dipicu oleh depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dan menyebabkan naiknya harga bahan baku pakan impor. Kenaikan harga pakan tersebut terkoreksi pada kisaran 7 hingga 10 persen.



Benahi Sistem Logistik di Gorontalo, KKP Bangun Cold Storage Kapasitas 200 Ton

"Ya benar, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar yang semakin mendalam, memaksa perusahaan pakan untuk menaikan harga. Pada saat kondisi ekonomi begini, saya meminta pembudidaya untuk mulai beralih menggunakan pakan mandiri yang memang 100 persen tidak mengandalkan impor bahan baku, sehingga harga stabil dan jauh lebih murah," ungkap Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, saat dimintai konfirmasi di Jakarta, Selasa (23/10).

Slamet menambahkan, gerakan pakan mandiri telah memberikan efek positif dalam meningkatkan efesiensi pakan, hasilnya bisa menekan disparitas cost produksi budidaya dengan nilai jual, sehingga margin keuntungan pembudidaya tumbuh pada kisaran Rp 4.000 s.d Rp 5.000 per kg hasil produksi.

"Ini geliat pakan mandiri terus terjadi diberbagai daerah, seiring respon masyarakat yang positif. Saya ambil contoh di Pasuruan, ada kelompok yang sukses berinovasi mengembangkan pakan mandiri dan memberikan dampak bagi peningkatan pendapatan pembudidaya di sekitarny," tutur Slamet.

Slamet juga mengimbau, agar produksi pakan mandiri sesuai SNI sehingga kualitasnya terjaga dan tentunya menggunakan sumber bahan baku lokal.

5 Tips Memilih Bibit Ikan Lele Berkualitas, Cara Ini Bikin Untung Besar!

Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita