Jitunews.Com
9 Oktober 2017 16:56 WIB

3 Parpol Beri Sinyal Siap Tampung Gatot Setelah Usai Jadi Panglima TNI

Namanya bersanding dengan sejumlah nama beken seperti Joko Widodo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, hingga Kapolri Jenderal Tito Ka

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (Puspen TNI)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Nama Gatot Nurmantyo rupanya kian digadang-gadang meramaikan wacana pencapresan di Pemilu tahun 2019. Hal itu wajar jika mengingat semakin tingginya tendensi sorotan publik kepada Gatot beberapa waktu belakangan.

Namanya bersanding dengan sejumlah nama beken seperti Joko Widodo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, hingga Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Beberapa parpol bahkan mulai berencana untuk menampung Gatot setelah dia melepaskan jabatannya sebagai Panglima TNI. Beberapa partai yang telah menyatakan kesiapannya untuk menampung Gatot antara lain Partai Golkar, Partai Nasdem, PKB dan Partai Demokrat.

Padahal, jika ditakar, beberapa Partai itu telah memiliki sosok kuat di masing-masing partainya untuk dijagokan pada Pilpres mendatang. Di PKB, misalnya, masih ada nama Muhaimin Iskandar yang bisa saja dicalonkan PKB menjadi Capres. Di Demokrat, ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang telah digadang-gadang maju sebagai Capres di 2019.



Empat Kali Ikut Pemilu, Jokowi Sebut Semua Pasti Beres Asal TNI-Polri Solid

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan partainya bersedia menerima Gatot selama sesuai dengan platform Demokrat.

"Bagi Demokrat siapapun 'welcome' sepanjang sesuai dengan platform Demokrat. Demokrat kan nasionalis religius," kata Syarief di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/10).

Pernyataan dengan nada yang sama juga disampaikan elit PKB. Sekjen PKB Daniel Johan mengatakan partainya terbuka dengan semua pihak yang ingin berpolitik terutama Gatot yang telah memberikan banyak kontribusi kepada negara.

"PKB tentu sangat welcome dong. Bahkan kepada semua anak bangsa mulai petani nelayan, wartawan, aktivis, apalagi Pak Gatot yang sumbangsihnya kepada bangsa dan negara sudah besar," kata Daniel, Senin (9/10).

Sementara itu, Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai NasDem Johnny Gerald Plate mengatakan partainya siap menampung Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo jika ingin masuk ke dunia politik. Menurutnya Gatot sosok yang layak untuk masuk dan berkiprah di dunia politik.

"Ya kalau Pak Gatot bergabung di NasDem tentu pintu sangat terbuka dan kita menyiapkan saluran politik untuk putra-putra terbaik bangsa, termasuk Pak Gatot," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (9/10).

"Jika Presiden tidak memperpanjang karena presiden mempunyai opsi memperpanjang masa tugas panglima, maka tentu layak sekali Pak Gatot Nurmantyo mengabdikan sisa waktunya untuk termasuk di bidang politik," ujarnya.

Gatot Makin Disebut, Gerindra Tetap Usung Prabowo Jadi Capres
Halaman:
  • Penulis: Marselinus Gunas

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita