Jitunews.Com
29 Mei 2017 10:39 WIB

Catat! Anda Tak Boleh Pakai Kartu Kredit Jika Finansial Ada dalam Keadaan Ini

Seseorang yang mempunyai jiwa konsumtif cenderung bermasalah ketika menggunakan kartu kredit karena tak memiliki 'self control' yang baik.

Ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Manfaat yang baik banyak diperoleh ketika seseorang menggunakan kartu kredit. Ada banyak reward yang ditawarkan dari penyedia layanan kartu kredit. Sebagai catatan, seseorang harus mempunyai kontrol yang baik terhadap dirinya sendiri ketika menggunakan kartu kredit.

Jika tak punya self control, maka penggunaannya akan menimbulkan masalah yang cukup berat. Dengan begitu, perlu atau tidaknya seseorang menggunakan kartu kredit tergantung pada pengelolaan diri sendiri. Jika anda berada di keadaan keuangan berikut ini, sebaiknya jangan gunakan kartu kredit anda.

1. Boros



Cara Terbaik Hemat Uang Saat Mudik Lebaran 2017

Seseorang yang mempunyai kebiasaan 'lapar mata' biasanya sangat boros dalam menggunakan kartu kredit. Hal itu yang akan sangat merugikan anda. Belanja tanpa batas saat tahu limit kartu kredit masih jauh bukanlah hal yang baik. Sebaiknya, catat prioritas apa yang anda butuhkan dan beli secukupnya tanpa menghamburkan uang.

2. Kurang Kontrol

Selain self control, anda sebetulnya juga harus mempunyai pihak lain seperti sahabat dan keluarga untuk mengingatkan jika anda terlanjur lapar mata. Tak punya kontrol baik diri sendiri maupun dari orang lain akan membuat anda sangat boros jika menggunakan kartu kredit.

3. Rencana Keuangan Selalu Meleset

Seorang pemegang kartu kredit harus cerdik memainkan menejerial keuangan. Buatlah rincian keuangan yang ketat den detil. Jika anda tak dapat melakukannya, maka anda belum siap untuk memegang kartu kredit.

Bosan Jadi Pegawai? Lakukan 'Business Plan' Berikut Ini!
Halaman:
  • Penulis: Ratna Wilandari

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita