Jitunews.Com
21 April 2014 11:15 WIB

Komisi Eropa Paksa Moskow Hormati Kontrak Gas

Pipa-pipa gas Ukraina (Ist.)

BRUSSEEL, JITUNEWS.COM - Negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin, telah bersedia melakukan pembicaraan antara Moskow dan Kiev soal keamanan gas. Pembicaraan ini sangat oenting untuk meredakan krisis politik atas aneksasi Rusia di Krimea.

Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan bahwa Putin memberikan usulan untuk melakukan pembicaraan tiga arah, Uni Eropa telah membalas surat usulan tersebut.

"Uni Eropa setuju pada proposal Putin untuk konsultasi dengan Rusia dan Ukraina mengenai keamanan pasokan gas dan masalah transit," Ujar Barroso dalam jawabannya, yang dirilis Gulf News.

Sebelumnya Putin telah memperingatkan para pemimpin Uni Eropa, bahwa Rusia akan menghentikan pasokan gas alam ke Ukraina jika tidak membayar hutang gas lebih dari 2 miliar dolar, dan mengatakan hal ini dapat menyebabkan pengurangan pengiriman selanjutnya ke Eropa .

Uni Eropa juga telah menyuarakan kecaman dan kemarahan atas aneksasi Moskow ke wilayah Krimea, karena Ukraina merupakan rute transit utama gas Rusia ke beberapa negara Uni Eropa. Rusia menyediakan hampir sepertiga dari impor gas ke Eropa, sekitar 40 persen mengalir melalui Ukraina. Rusia juga menyediakan pasokan gas bagi Ukraina dengan porsi sekitar setengah dari kebutuhan gas rumah tangga.

Putin sendiri mengatakan bahwa, Rusia telah banyak membantu Ukraina dengan memotong harga gas selama bertahun-tahun, dan menyalahkan krisis ekonomi dan politik Ukraina di Uni Eropa.

Tapi Barroso menangkis kritik tersebut, dan mengatakan bahwa Uni Eropa, sebagai bagian dari paket bantuan Dana Moneter Internasional, sudah memberikan dukungan ke Ukraina."Hutang gas Ukraina dan harga impor gas Ukraina harus dianggap sebagai bagian dari itu, tegas Barroso.

"Saya ingin mengingatkan bahwa ada kontrak soal pasokan antara perusahaan-perusahaan Eropa dan Gazprom. Ini, oleh karena itu, akan menjadi tanggung jawab Gazprom untuk memastikan pengiriman dengan volume yang diperlukan sebagaimana disepakati dalam kontrak pasokan," katanya.

Barroso juga mengingatkan Rusia memiliki kewajiban untuk memperingatkan Uni Eropa sebelum mengambil "langkah-langkah sepihak", dalam sebuah sistem peringatan dini yang dibentuk Uni Eropa dan Rusia, untuk menanggapi soal krisis pasokan gas akibat "perang" harga antara Rusia dan Ukraina.


 10 Kebohongan Rusia Atas Ukraina
Halaman:
  • Penulis: Tommy Ismaya,  Tommy Ismaya

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita