Jitunews.Com
7 Maret 2017 12:11 WIB

Gapuspindo Tegaskan Setiap Langkah Impor Sapi Sudah Mengantongi SPI

Setiap langkah impor sapi bakalan, terlebih dahulu para pelaku importir melakukan pendekatan kepada pemerintah untuk bisa mendapatkan Surat Persetujuan Impor (SPI).

Kandang penangkaran sapi. (Jitunews/Johdan A.A.P)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Eksekutif Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (GAPUSPINDO) Joni Liano mengatakan bahwa isu yang berkembang saat ini sangat tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Khususnya dalam setiap proses langkah impor sapi bakalan yang dilakukan oleh pihak Importir.

Ia menegaskan bahwa dalam setiap langkah impor sapi bakalan, terlebih dahulu para pelaku importir melakukan pendekatan kepada pemerintah untuk bisa mendapatkan Surat Persetujuan Impor (SPI).

"Selama ini saat melakukan langkah impor sapi bakalan pelaku importir sudah terlebih dahulu mengantongi SPI tersebut," demikian kata Joni Liano seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Selasa(7/3).



Mantap! Kementan Bakal Cabut Izin Produsen Pupuk dan Pestisida Curang

Menurutnya, SPI tersebut sangat penting dimiliki oleh pelaku importir sebelum melakukan proses impor sapi bakalan, karena hal tersebut merupakan bagian dari aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam undang-undang, peraturan pemerintah dan peraturan menteri.

Joni Liano kembali tegaskan bahwa realisasi impor sapi bakalan dilakukan oleh pelaku importir setelah secara resmi memperoleh Surat Persetujuan Impor (SPI) yang diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan atas dasar Permendag No 59/M-DAG/PER/8/2016.

Penerbitan SPI tersebut setelah mendapatkan Rekomendasi dari Kementerian Pertanian yang dipersyaratkan dalam Permentan No. 2/Permentan/PK.490/2/2017 atas perubahan Permentan No 49/Permentan/PK.440/10/2016.

Joni menekankan bahwa dalam setiap langkah impor yang sudah di lakukan oleh pihak importir semuanya sudah berjalan sesuai dengan aturan yang ada dan secara resmi mendapatkan SPI dari pemerintah.

Hal ini diungkapkan oleh Joni Liano menanggapi banyaknya isu yang berkembang terkait dengan langkah impor sapi bakalan ke tanah air.

Brigade Alsin, Strategi Mentan Garap Lahan Rawa
Halaman:
  • Penulis: Siprianus Jewarut,  Syukron Fadillah

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita