Jitunews.Com
3 Januari 2017 11:59 WIB

Massa Pro-Kontra Ahok Bisa Akur Berbagi 80 Kursi Pengunjung Sidang ke-4

Auditorium Kementan di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, tempat sidang keempat kasus Ahok rupanya hanya menyediakan 80 kursi saja buat pengunjung.

Kelima majelis hakim yang akan memimpin persidangan keempat Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dalam kasus penistaan agama di Auditorium Gedung Kementerian Pertanian, Jl RM Harsono, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2017). Pada persidangan keempat kali ini beragendakan mendengar keterangan enam saksi dari pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU). (PHOTO POOL/IRWAN RISMAWAN/TRIBUN NEWS)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sidang keempat kasus Ahok, seperti sidang-sidang sebelumnya, dibanjiri pendukung massa yang saling berlawanan, yakni pendukung Ahok dan kelompok penentangnya. Lalu bagaimana membagi jatah kursinya?

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Iwan Kurniawan, mengatakan, pihaknya bakal memisah dua kelompok massa yang akan datang menyaksikan persidangan.

”Saya sudah berkoordinasi langsung dengan pihak GNPF (Gerakan Nasional Pengawal Fatwa) dan pendukung Ahok,” ujar Kapolres Jakarta Selatan, tentang sidang keempat kasus Ahok di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian Jakarta, Selasa (3/1), dengan menimbang kapasitas ruangan sidang hanya sekitar 80 kursi.



Sidang Lanjutan Ahok: JPU Hadirkan 6 Saksi Pelapor, Pengamanan Dibagi 4 Area

Kapolres Jakarta Selatan juga berjanji akan membagi secara adil massa yang akan memasuki ruangan sidang. Masing-masing kubu bisa masuk antara 30-40 orang. Peserta yang bisa masuk adalah yang sudah memiliki tanda pengenal atau name tag.

Halaman depan Gedung Auditorium Kementerian Pertanian terlihat luas. Lebar halaman gedung sekitar 20 meter. Lebar halaman tersebut dibagi menjadi dua bagian. Sekitar 10 meter diberi atap dan sisanya tanpa atap. Sedangkan panjang halaman bisa mencapai sekitar 100 meter lebih.

Pihak Polres Metro Jakarta Selatan mengaku sudah mengantisipasi tindakan unjuk rasa ringan hingga berat.

“Sudah kami siapkan semua untuk pengamanan,” ucap Kapolres Jakarta Selatan.

Sidang Ahok sebelumnya digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Jalan Gajah Mada Jakarta Pusat. Namun, sidang dengan agenda pemeriksaan saksi besok bakal dipindah ke Auditorium Kementerian Pertanian. Alasan pemindahan tersebut adalah untuk menjaga ketertiban dan mengantisipasi jumlah pengunjung yang diperkirakan banyak.

 

Metal Detector Hingga Water Canon Disiapkan untuk Amankan Sidang Ahok
Halaman:
  • Penulis: Riana,Yusran Edo Fauzi

Rekomendasi

 

Berita Terkait