Jitunews.Com
21 Desember 2016 12:07 WIB

Mentan Bentuk Tim Sapu Bersih Pungli

Tim ini, lanjut Amran, ada yang punya SK (tim terbuka) dan ada yang tidak punya SK (tim tertutup).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Jitunews/Miftahul Abrori)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengatakan bahwa pada saat ini pihaknya telah membentuk Tim Sapu bersih Pungli di lingkup Kementerian Pertanian.

"Tadi pagi saya telah tandatangani Pembentukan Tim Sapu Bersih Pungli," kata Amran di Jakarta, Rabu (21/12).

Tim ini, lanjut Amran, ada yang punya SK (tim terbuka) dan ada yang tidak punya SK (tim tertutup).  



PPSN Bekerja Sama dengan IKAL Selenggarakan FGD "Saber Pungli"

"Saya ingatkan kepada para pejabat bahwa yang paling ditakuti adalah tim yang tidak pakai SK, karena bisa jadi tidak dikenal tapi sudah siap menangkap yang salah karena melakukan pungli," tegasnya.

Dari 12 eselon I, Badan Karantina Pertanian sudah ada 146 yang telah mengalami demosi belum termasuk demosi 11 eselon I/Direktorat lainnya. Dan Pembentukan tim sergap ini juga bertujuan agar para pejabat dan pelaksana di Kementerian Pertanian benar-benar bekerja sesuai dengan aturan dan agar kepercayaan meningkat serta produktivitasnya tinggi sehingga apa yang dicapai selama ini akan semakin meningkat. 

"Jadi dalam 2 tahun ini telah dilakukan  penyegaran terhadap eselon 1 dan 2 dengan total 100 orang dengan harapan kinerja Kementan semakin baik seperti saat ini," kata Amran.

Lebih lanjut, Amran menegaskan bahwa dengan adanya upaya dan kerjasama dari semua pihak maka ke depan di sektor pertanian tidak ada lagi praktek pungutan liar.

Menurutnya, adanya praktik pungutan liar baik di sektor pertanian maupun di sektor lainnya di lembaga pemerintahan sangat tidak terlepas dari masih kurangnya kesadaran para pejabat untuk bisa melayani masyarakat dengan tulus dan jujur.

“Kesadaran untuk melayani masyarakat dengan tulus dan jujur harus mulai di tingkatkan di sektor pertanian,” tukas Amran.

Terakhir, Amran mengatakan bahwa langkah kerjasama pembentukan tim sapu bersih pungli ini menjadi bagian dari upaya untuk menumbuhkan semangat kerja yang tulus dan jujur kepada masyarakat khususnya kepada para petani.

Komisi III DPR Apresiasi Pembentukan Tim Satgas Saber Pungli
Halaman:
  • Penulis: Siprianus Jewarut,  Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita