Jitunews.Com
10 Desember 2016 18:38 WIB

Hanura Dukung Revisi UU MD3

Pada prinsipnya, Partai Hanura mendukung apabila UU MD3 akan direvisi

Politisi partai Hanura Dadang Rusdiana. (Jitunews/Rezaldy)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wacana revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) tengah mencuat di Parlemen. Ketua DPP Partai Hanura, ‎Dadang Rusdiana, mengungkapkan bahwa pihaknya belum menentukan sikap terkait wacana tersebut. Namun pada prinsipnya, Partai Hanura mendukung apabila UU MD3 akan direvisi.

"Kita belum menentukan sikap resmi, masih menunggu komunikasi dari PDIP yang secara resmi mengusulkan dalam rapat paripurna. Tapi pada dasarnya kita sepakat bahwa UU MD3 ini perlu kita perbaiki, terutama untuk mengatur DPR ke depan," ujar Dadang, kepada Jitunews.com, Sabtu (10/12).

Menurut Dadang, di dalam UU MD3 yang sekarang diberlakukan, komposisi pimpinan dan pemilihan pimpinan DPR RI terkesan akal-akalan. Pasalnya, pada tingkat DPRD Provinsi dan kabupaten diatur dalam UU bahwa pimpinan sesuai dengan perolehan suara dalam pemilu, akan tetapi hal serupa tidak diberlakukan di DPR.

"Kan aneh kalau DPRD provinsi dan Kabupaten, kita atur dalam UU bahwa pimpinan sesuai dengan perolehan suara dalam pemilu, kok di DPR dipilih berdasarkan sistem paket, aneh banget," jelas Dadang.

Oleh karena itu, Anggota Komisi X DPR RI ini menilai wajar apabila PDIP sebagai partai pemenang pemilu menginginkan agar UU MD3 direvisi. Sebab, mekanisme pemilihan pimpinan DPR dan komposisinya yang diberlakukan tidak mencerminkan hasil pemilu.

"Jadi yang wajar kan PDIP sebagai pemenang pemilu yang menjadi ketua. PDIP kan partai pemenang pemilu. DPR kan mencerminkan hasil pilihan rakyat dalam pemilu. Tapi kalau PDIP hanya mau nambah wakil ketua, ya silakan saja. Kita tentunya di Partai Hanura mendukung meski secara resmi kita belum bertemu dan belum melakukan kajian," tutup Dadang.

Dadang Rusdiana Yakin Survei Ahok Akan Kembali Meningkat
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar,  Christophorus Aji Saputro

Rekomendasi

 

Berita Terkait