Jitunews.Com
27 November 2016 20:06 WIB

Agus-Sylvi Dipastikan Menang Jika Pilgub DKI Dilakukan Hari Ini

Urutan kedua diduduki pasangan Ahok-Djarot dengan dukungan sebanyak 22,00 persen dan pasangan Anies-Sandi sebanyak 20,42 persen.

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. (Jitunews/Johdan A.A.P)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Poltracking Indonesia dalam hasil survei yang dilakukan terhadap ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, mendapati pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni memiliki elektabilitas tertinggi mengalahkan elektabilitas pasangan Ahok-Djarot dan pasangan Anies-Sandi.

Menanggapi hal tersebut, Tim Pemenangan Ahok-Djarot, Ansy Lema menilai survei yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia sangat wajar, mengingat survei tersebut dilakukan mulai tanggal 7 November 2016 yang lalu, dua hari paska aksi bela Islam diadakan sehingga situasi politik dalam kondisi yang tidak stabil.

"Kalau kita baca teks ini kita perlu menangkap konteks dibalik ini. Pelaksanaan survei ini di waktu dan peristiwa politik yang terjadi, agama yang dituduhkan kepada calon kami. Dan survei ini dilakukan saat moment itu. Jadi wajar elektabilitas Basuki melorot karena public opinion," ujar Ansy di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta, Minggu (27/11).



SAH! AHY Jadi Ketum Demokrat Periode 2020-2025

Menurutnya, hasil yang menyebutkan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih cukup tinggi berada di angka 63.08 persen dan kinerja Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di angka 47,75 persen, hal tersebut menunjukan masyarakat Jakarta masih mempertimbangkan untuk memilih Basuki atau dikenal dengan sebutan Ahok melanjutkan kepemimpinannya sebagai gubernur.

"Saya lihat swing voters relatif masih tinggi kalau Pak Ahok dianggap tidak perlu dipilih, mestinya segera saja berpindah ke calon lain. Tetapi angkanya masih tinggi bahkan di atas angka tiga kandidat," tutupnya.

Diketahui hasil survei yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia mendapati elektabilitas ketiga pasangan cagub dan cawagub kandidat, apabila pilkada DKI Jakarta digelar saat ini, maka pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni adalah pasangan yang akan paling banyak dipilih. Dimana pasangan Agus-Sylvi unggul dengan dukungan sebanyak 27,92 persen, kemudian di urutan kedua diduduki pasangan Ahok-Djarot dengan dukungan sebanyak 22.00 persen dan pasangan Anies-Sandi sebanyak 20,42 persen sementara yang belum menentukan pilihan sekitar 29,66 persen.

Anies Baswedan Sering Tampil di Media, PAN Bingung: Kenapa Elektabilitasnya Justru Turun?
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar,  Syukron Fadillah

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita