Jitunews.Com
15 Juli 2016 14:30 WIB

DPR Dukung Kebijakan Impor Sapi, Tapi Harus Dibatasi

Langkah tersebut bisa saja dilakukan pemerintah guna menjaga kestabilan harga daging di tanah air yang hingga saat ini terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan

Anggota Komisi IV DPR RI Hamdani. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah pada saat ini terus melakukan sejumlah langkah cepat untuk bisa menurunkan harga daging di tanah air. Pasalnya langkah impor daging sapi beku, pemasukan daging kerbau India, jeroan impor, dan terakhir yakni rencana mengizinkan impor sapi siap potong, terus diupayakan pemerintah.

Anggota Komisi IV DPR RI Hamdani menilai langkah tersebut bisa saja dilakukan pemerintah guna menjaga kestabilan harga daging di tanah air yang hingga saat ini terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Langkah itu bisa saja diambil oleh pemerintah, asalkan harus dibatasi, jangan besar-besaran dibuka," demikian kata Hamdani saat di hubungi Jitunews.com, Jumat (15/7).



Ubah Mindset, Swasembada Protein Bukan Swasembada Daging Sapi

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa kalau pemerintah tidak memberikan batasan pada langkah impor tersebut akan sangat mengganggu para peternak lokal yang ada.

"Maka sebelum melakukan langkah impor perlu ada kajian terlebih dahulu," demikian katanya.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa langkah impor bukanlah satu-satu jalan untuk mengatasi masalah daging tanah air.

"Langkah impor bukanlah solusi yang tepat dan permanen, maka perlu ada langkah cepat dari pemerintah agar masalah daging ini tidak terus-terusan ditambal sulam dengan impor tetapi harus permanen dengan meningkatkan produksi daging dalam negeri," katanya.

Pengamat: OP Daging Sapi Beku Belum Mampu Menurunkan Harga Daging Sapi Segar
Halaman:
  • Penulis: Siprianus Jewarut,  Vicky Anggriawan

Rekomendasi

 

Berita Terkait