Jitunews.Com
4 Mei 2016 10:33 WIB

Penghapus Kenangan Buruk Itu Bernama Kunyit

Hasil riset, senyawa dalam kunyit bisa membantu seseorang mengatasi lebih efektif rasa takut dan kenangan buruknya

Selain menambah tekstur dan rasa dalam makanan, kunyit mengandung pelindung yang ampuh melalui senyawa yang disebut dengan curcumin. (kabardunia.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bagi sebagian orang, pengalaman buruk di masa lalu bisa jadi problem traumatik tersendiri. Tapi sekarang, ada ramuan yang bisa menghapus kenangan buruk yang menyebabkan takut itu. Kunyit jawabannya. 

Sebagaimana diketahui, kunyit merupakan rempah-rempah terkenal di dunia kuliner. Selain menambah tekstur dan rasa dalam makanan, kunyit mengandung pelindung yang ampuh melalui senyawa yang disebut dengan curcumin.

Kini, tim peneliti telah menemukan senyawa tersebut bisa membantu seseorang mengatasi lebih efektif rasa takut dan kenangan buruknya seperti dilansir YouthHealthMag beberapa waktu lalu.



Cek! Ini Ramuan Jitu Peluruh Batu Ginjal yang Sudah Dipercaya Selama 300 Tahun

Para ilmuwan secara khusus berusaha mengidentifikasi peran senyawa tersebut dalam mengobati gangguan stres pascatrauma (PTSD), yang memengaruhi ribuan orang termasuk nonveteran.

Untuk menguji hipnotis tersebut, mereka memberikan makanan kepada sekelompok tikus dengan makanan yang diberi curcumin. Para peneliti juga memainkan musik dengan keras untuk mengetes rasa takut. Tikus juga mengalami serangkaian tes yang bertujuan membantu mereka memulihkan memori ketakutan.

Setelah percobaan, peneliti menganalisa otak tikus dan menemukan mereka yang mengonsumsi makanan dengan curcumin berjuang untuk mengingat ketakutannya. Bahkan, para peneliti mengatakan ini seolah-olah sumber ketakutan tikus hilang.

Para peneliti masih belum tahu ada apa dengan curcumin sehingga menyebabkan efek seperti itu. Namun mereka percaya ada hubungan dengan kemampuannya dalam mengatasi peradangan, terutama dari neuron di otak.

Herbalis: Air Perasan Lemon dan Jeruk Nipis Efektif Luruhkan Batu Ginjal
Halaman:
  • Penulis: Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita