Jitunews.Com
21 April 2016 19:32 WIB

UGM dan ITB Loloskan Peserta Terbanyak ON-MIPA

Perrtanda sistem seleksi dan pembinaan mahasiswa cukup baik

Erwin Eko Wahyudi pemenang medali emas pada bidang matematika di Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ONMIPA PT) 2015 (cs.ugm.ac.id)

JOGJAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebanyak 24 mahasiswa UGM berhasil lolos ke Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA) Perguruan Tinggi. Rencananya ON-MIPA tingkat nasional akan digelar pada 23-27 Mei mendatang, di Jakarta.

Dengan meloloskan 24 orang, UGM tercatat menjadi pengirim peserta terbanyak ON-MIPA bersama ITB, yang juga meloloskan 24 orang. Urutan ketiga terbanyak dipegang Universitas Indonesia yang meloloskan 22 peserta.

Ketua kontingen ON-MIPA UGM, Erwin Eko Wahyudi mengatakan ke-24 mahasiswa tersebut terpilih melalui seleksi ketat ON-MIPA tingkat regional kopertis wilayah V pada 5-6 April lalu di Universitas Sanata Dhrama Yogyakarta. UGM mengirimkan 28 peserta yang lolos seleksi universitas, untuk mengikuti seleksi di empat bidang yaitu matematika, kimia, fisika, dan biologi. “Bangga sekali, UGM bisa meloloskan 24 orang,” kata Erwin, Kamis (21/4) di Kampus UGM.

Menurut Erwin, keberhasilan itu tak lepas dari persiapan yang sungguh-sungguh. Sebelum berkompetisi, mahasiswa yang lolos seleksi universitas diberi latihan intensif selama dua pekan.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, juga mengaku puas dengan capaian mahasiswa UGM pada ON-MIPA. Prestasi itu menandakan seleksi dan pembinaan internal UGM cukup baik dalam memperkuat kualitas mahasiswa.

“Capaian ini memberikan harapan besar, semoga UGM bisa menjadi juara umum ON-MIPA 2016. Khusus untuk bidang matematika semoga bisa mewakili Indonesia ke olimpiade tingkat internasional di Bulgaria,” katanya.

Guna mempersiapkan kontingen UGM menghadapi olimpiade di tingkat nasional, Direktorat Kemahasiswaan UGM akan kembali memberikan pembinaan intensif pada kontingen ON-MIPA UGM selama kurang lebih satu bulan. Pembinaan akan dilakukan dari departemen dan fakultas terkait. Selain mendapatkan pembekalan dari dosen pembina, mereka juga akan menjalani latihan bersama dengan alumni ON-MIPA dan olimpiade masing-masing bidang.

"Kedepan kami akan terus meningkatkan berbagai upaya pembinaan mahasiswa sehingga mahasiswa UGM bisa semakin bangga mewakili UGM dan keilmuannya," tutur Agus. (Humas UGM/Ika)

Konsistensi dan Kesinambungan Unnes dalam Bidang Konservasi
Halaman:
  • Penulis: Dwi Setyo Irawanto

Rekomendasi

 

Berita Terkait