Jitunews.Com
2 April 2014 12:10 WIB

Gempa 8,2 SR Berpotensi Tsunami Guncang Chile

Banyak orang berkumpul di zona aman Tsunami usai gempa mengguncang Chile (guim.co.uk)

CHILE, JITUNEWS.COM - Gempa berkekuatan 8,2 skala richter mengguncang Chile, berpusat di lepas pantai utara pada Selasa (1/04). Gempa ini memicu tanah longsor dan menghasilkan tsunami.

Hingga laporan cnn (2/04) diturunkan, tidak ada korban jiwa ditemukan."Tapi sekitar 300 tahanan melarikan diri dari penjara di Kota Iquique,"ujar Menteri Dalam Negeri Chile Rodrigo Penailillo.

Sementara itu US Geological Survey melaporkan bahwa, gempa terjadi pada 20:46 waktu setempat, di sekitar 60 km barat laut Iquique dengan kedalaman 12,5 mil, dengan ketinggian gelombang mencapai tinggi 2,1 m (6ft) dan menghantam beberapa daerah pesisir Chile.

"Banyak orang takut setelah mengalami gempa kuat pada tahun 2010, sehingga mereka segera melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi ketika mereka mendengar peringatan tsunami,"kata Fabrizio Guzman, Manajer Komunikasi Darurat World Vision di Chile.

"Ada beberapa gempa susulan dan komunikasi telah terputus di banyak daerah bencana. Jadi orang-orang yang menunggu di perbukitan gelap tidak tahu apa yang akan datang, dan berharap mereka akan dapat kembali ke rumah mereka dengan aman."

Pemerintah Chile telah memerintahkan puluhan ribu orang di daerah pesisir untuk diungsikan. Beberapa kebakaran dilaporkan terjadi dan sejumlah rumah hancur di Adobe Arica.

Gempa ini juga mengguncang gedung-gedung modern di Peru dan ibukota dataran tinggi Bolivia La Paz, lebih dari 470km (290 mil) dari Iquique.

Setidaknya delapan gempa susulan yang kuat terjadi dalam beberapa jam setelah gempa, dan Seismolog telah memperingatkan bahwa gempa susulan dan gempa yang lebih besar tidak dapat dihindarkan.
 Permintaan Emas Di China Meningkat Drastis
Halaman:
  • Penulis: Tommy Ismaya,  Tommy Ismaya

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita