Jitunews.Com
4 Desember 2015 15:27 WIB

Ini Manfaat Rambutan yang Mungkin Belum Anda Ketahui...

Rambutan mengandung komponen antioksidan yang menurut studi efektif melawan kanker

Buah rambutan.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman tropis yang tergolong dalam famili Sapindaceae atau lerak-lerakan bernama rambutan, memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat rambutan tersebut? Simak ulasan yang dikutip JITUNEWS.COM dari laman list ovative berikut ini ya!

Antikanker. Buah rambutan mengandung komponen antioksidan yang menurut studi di University Kebangsaan Malaysia efektif melawan kanker. Kulit, biji dan daging buah rambutan telah terbukti efektif melawan berbagai jenis kanker.

Meningkatkan kualitas sperma. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang banyak terkandung di dalam buah rambutan, yang sangat penting untuk pengembangan sperma. Sebagai informasi, kekurangan vitamin C pada pria dapat mengakibatkan kemampuan reproduksinya menurun. Kondisi ini dapat diobati dengan meningkatkan asupan vitamin C menjadi 500 miligram selama sebulan. Vitamin C telah dikenal untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

Mengobati diabetes. Biji dari buah rambutan memiliki manfaat tersendiri, seperti meringankan rasa sakit yang dirasakan oleh pasien diabetes, terutama yang menderita kondisi tertentu yang dikenal sebagai diabetes mellitus.

Mengobati penyakit umum. Rambutan juga efektif dalam mengobati penyakit umum seperti sakit kepala, sariawan, dan disentri. Untuk meredakan sakit kepala, daun pohon rambutan yang telah dihaluskan dapat diaplikasikan pada dahi. Ini akan membantu menenangkan saraf dan mengurangi sakit kepala. Kulit pohon rambutan bahkan dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Sedangkan akarnya bisa menjadi obat demam.

Membuang racun di ginjal. Manfaat kesehatan rambutan lainnya adalah membantu menghilangkan racun dan kotoran di ginjal. Ini dikarenakan kandungan fosfor yang hadir di dalam rambutan. Fosfor juga penting untuk pengembangan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh.

Menghilangkan radikal bebas. Salah satu dari banyak senyawa yang terkandung di dalam kulit rambutan adalah asam Galia. Zat ini berfungsi sebagai predator untuk radikal bebas dan mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat oksidasi.

Meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Seperti yang telah disebutkan di atas, rambutan tinggi akan kandungan vitamin C. Secara teknis, jika Anda mengonsumsi 10 hingga 12 buah rambutan, Anda akan mendapatkan 75 sampai 90 miligram asam askorbat atau lebih dari dua kali lipat jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Manfaat utama dari vitamin C adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan membantu memperkuat mekanisme pertahanan tubuh. Vitamin C dalam hal ini berfungsi sebagai anti-oksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan mencegah berbagai macam penyakit seperti penyakit kudis. Vitamin C juga membantu penyerapan mineral, besi dan tembaga. Selain itu, tubuh pun terlindungi dari radikal bebas.

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun
Halaman:
  • Penulis: Aditya Wardhana,  Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita