Jitunews.Com
6 Agustus 2015 00:00 WIB

7 Tips Mudah Merawat Tanaman Hias Sehari-hari

Dedaunan yang sudah kering jangan dibiarkan saja. Tetapi cepat ambil dan buang.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mengurusi tanaman hias memang hal yang sedikit merepotkan dan tidak mudah. Tetapi jika Anda telah mengetahui tata cara yang benar dalam merawat tanaman, merawat tanaman-tanaman bisa dilakukan dengan penuh keyakinan. Berikut 7 tips mudah merawat tanaman sehari-hari :

1. Menyingkirkan Daun Kering
Dedaunan yang sudah kering jangan dibiarkan saja. Tetapi cepat ambil dan buang. Jika susah diambil dengan tangan maka potong dengan gunting atau pisau

2. Mengelap Daun
Daun pun juga perlu dilap, karena untuk membersihkan debu-debu yang menempel. Terutama tanaman yang berada di teras dan di dalam ruangan. Pengelapan daun dilakukan secara periodik dari bagian bawah ke atas atau ujung daun.

3. Ambil bunga yang kering
Ambil bunga yang kering dan layu. Karena selain mengurangi keindahan, ada kemungkinan bunga yang lain akan ikut tertular penyakit.

4. Perendaman
Bila ukuran tanaman kecil dan pembersihan daun dengan dilap bisa merobek daun, maka bisa dilakukan dengan perendaman. Dengan catatan tips ini bisa dilakukan pada daun tanaman yang permukaannya berambut.

5. Lap dengan busa
Daun tanaman seperti Ficus akan leih mengilap dengan menggunakan spons yang sudah dibasahi air sbun.

6. Lap dengan kuas
Manfaatkan kuas bekas, selain bisa digunakan sebagai mengecat juga bisa digunakan untuk membersihkan daun. Contohnya saha pada daun dari tanaman rambat sirih akan sangat pas denganc ara ini.

7. Pemasungan
Pada jenis tanaman tertentu diperlukan kegiatan ini. Seperti sanseviera yang berbatang tebal. Salah satunya dengan teknik pemasungan menggunakan gabus, kayu, dan tali.


Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah
Halaman:
  • Penulis: Hasballah

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita