Jitunews.Com
29 Januari 2024 11:17 WIB

Google Doodle Ikut Rayakan Ultahnya, Ini Profil "Mak Nyak" Aminah Cendrakasih

Aminah lekat dalam ingatan publik sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Google Doodle Aminah Cendrakasih (Google)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pemeran dan model, Aminah Cendrakasih atau yang lebih dikenal ‘Mak Nyak’ dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan berulang tahun ke-86 pada hari ini, 29 Januari 2024. Google doodle turut merayakan hari kelahiran perempuan asal Magelang, Jawa Tengah itu.

Lantas, seperti apa profil Aminah Cendrakasih?

Nama Aminah Cendrakasih mulai dikenal publik usai membintangi film Serampang 12 (1956) dan Asrama Dara (1958). Putri pasangan Husin Nagib dan Wolly Sutinah ini memang sudah mengenal dunia panggung sejak masih sekolah di SKP.



Baim Wong Berangkatkan Umroh 'Korban Pranknya', Netzen: Prank Saya dong!

Aminah memulai kiprahnya di pentas sandiwara (1955) sebagai pemain dan penyanyi. Pada tahun itu juga ia mendapat kesempatan tampil di film Oh, Ibuku (Bagian I dari film Gadis Tiga Djaman yang bersambung ke Puteri Revolusi) produksi Garuda Film dan Semeru Film yang disutradarai Ali Yugo.

Pada 1955 pula, Aminah, bersama ibunya, Wolly Sutinah, bermain dalam film Gambang Semarang. Kemudian, Aminah dipercaya sebagai pemeran utama dalam film ketiganya, Ibu dan Putri (1955). Film ini di bawah arahan sutradara Ha van Wu.

Terhitung Aminah sudah membintangi sekitar 101 film dalam rentang 1955-1989. Pengabdian Aminah di dunia film itu diganjar dengan Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan oleh Dewan Film Nasional pada 1992.

Tak hanya film, Aminah juga ikut menyemarakkan dunia sinetron. Salah satu sinetron yang membuat namanya lekat di ingatan masyarakat adalah Si Doel Anak Sekolahan (1994-1997). Dalam sinetron yang disutradarai Rano Karno itu, Aminah memerankan karakter Mak Nyak.

Selain berakting, Aminah aktif di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Di LKB, ia pernah menjabat Ketua I Divisi Kesenian. Ia juga sempat berposisi sebagai Komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema.

Aminah meninggal dunia di kediamannya di Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada 21 Desember 2022 pada usia 84 tahun. Ia dimakamkan di sebelah makam ibunya di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

5 Film Kungfu Terbaik Sepanjang Masa dari Tiongkok
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait