Jitunews.Com
16 Januari 2024 15:41 WIB

Daftar Peristiwa Penting pada 17 Januari

17 Januari mengantongi sejarah peristiwa di berbagai belahan dunia.

Popeye (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tanggal 17 Januari menjadi kantong sejarah peristiwa besar di berbagai belahan dunia. Karena kejadian di tanggal tersebut dinilai penting, tak ayal muncul inisiatif untuk memperingatinya setiap tahun. Dengan peringatan itu, warga dunia diharapkan bisa mendapat momentum untuk melakukan perenungan bersama.

Melansir berbagai sumber, berikut daftar peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 17 Januari:

- Perang Revolusi Amerika



Daftar Peringatan Penting pada Tanggal 6 Desember

Pada tanggal 17 Januari 1781, terjadi Pertempuran Cowpens di Carolina Selatan, Amerika Serikat. Pertempuran ini merupakan kemenangan penting bagi pasukan Amerika Serikat dalam Perang Revolusi Amerika.

Pertempuran Cowpens berlangsung antara pasukan Amerika Serikat yang dipimpin oleh Daniel Morgan dan pasukan Inggris yang dipimpin oleh Banastre Tarleton. Morgan menggunakan taktik gerilya untuk mengecoh pasukan Inggris dan berhasil mengalahkan mereka dengan telak. Kemenangan ini menjadi salah satu faktor penting yang berkontribusi pada kemenangan Amerika Serikat dalam Perang Revolusi Amerika.

- Perjanjian Renville

Pada tanggal 17 Januari 1948, ditandatangani Perjanjian Renville antara pihak Belanda dan Indonesia. Perjanjian ini merupakan upaya untuk mengakhiri Perang Kemerdekaan Indonesia, tetapi perjanjian ini tidak berhasil dan perang kembali pecah pada bulan Juni 1948.

Perjanjian Renville menetapkan wilayah Indonesia yang diakui oleh Belanda. Wilayah Indonesia yang diakui oleh Belanda hanya meliputi sebagian kecil dari wilayah Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Perjanjian ini juga menetapkan garis demarkasi yang memisahkan wilayah Indonesia yang dikuasai oleh Belanda dan wilayah Indonesia yang dikuasai oleh Republik Indonesia.

- Raoul Wallenberg Ditangkap

Pada tanggal 17 Januari 1945, diplomat Swedia Raoul Wallenberg ditangkap oleh Uni Soviet ketika sedang berada di Hungaria. Wallenberg kemudian menghilang dan tidak pernah terlihat lagi. Wallenberg diduga tewas di tangan Uni Soviet, tetapi penyebab kematiannya masih belum diketahui.

Raoul Wallenberg adalah seorang diplomat Swedia yang dikenal karena upayanya menyelamatkan nyawa orang-orang Yahudi di Hungaria selama Holocaust. Wallenberg berhasil menyelamatkan ribuan orang Yahudi dari deportasi ke kamp-kamp konsentrasi Nazi.

Penangkapan Wallenberg oleh Uni Soviet merupakan salah satu misteri terbesar dalam sejarah. Banyak orang yang percaya bahwa Wallenberg masih hidup dan ditahan oleh Uni Soviet. Namun, hingga saat ini, keberadaan Wallenberg masih belum diketahui.

- Hari Benjamin Franklin

Hari Benjamin Franklin diperingati setiap tanggal 17 Januari, sama seperti tanggal kelahiran Benjamin Franklin, salah satu pendiri Amerika Serikat dan tokoh penting dalam sejarah Amerika. Tepatnya, dia lahir pada 17 Januari 1706 di Boston, Massachusetts, AS.

Franklin dikenal sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah Amerika. Ia berperan penting dalam Revolusi Amerika dan menjadi salah satu pendiri Amerika Serikat. Namanya juga harum sebagai diplomat dan ilmuwan.

Selama hidup, Franklin berjasa atas penemuan pentingnya, antara lain bifocal, kompor Franklin, dan parlofon. Dia juga jago bernegosiasi, salah satunya dalam Perjanjian Paris yang mengakhiri Perang Revolusi Amerika.

- Hari Popeye

Tokoh kartun Popeye pertama kali muncul dalam komik berjudul "Thimble Theatre" pada 17 Januari 1929. Adalah Elzie Crisler Segar yang menciptakan karakter tersebut.

Popeye adalah seorang pelaut yang kuat dan tangguh, karena gemar makan bayam. Ia selalu membela Olive Oyl, kekasihnya, dari berbagai bahaya.

Popeye termasuk tokoh kartun populer di dunia. Ia telah muncul dalam berbagai media, termasuk komik, film, dan televisi. Popeye juga telah menjadi ikon budaya pop.

Demikianlah daftar peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 17 Januari. Semoga menambah wawasan.

Tanggal 6 Januari: Hari Lahir Bung Karno dan Hari Anak Yatim Korban Perang Sedunia
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait