Jitunews.Com
10 Desember 2023 15:41 WIB

Komitmen Basmi Korupsi, Anies Janji Bakal Miskinkan Koruptor

Anies memastikan KPK independen saat ia menjadi presiden.

Anies Baswedan (instagram/aniesbaswedan)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Capres nomor urut satu, Anies Baswedan berkomitmen memberantas korupsi. Dia menjanjikan penguatan KPK dan pemiskinan koruptor.

Hal itu disampaikan bertepatan dengan Hari Antikorupsi Sedunia di alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan, Kota Cirebon pada Sabtu, 9 Desember 2023.

"Sudah saatnya mereka yang bermasalah dikembalikan ke KPK. Koruptor harus dimiskinkan," kata Anies dalam keterangan tertulisnya.



Jelang Debat Perdana, Anies-Muhaimin Kompak Libur Kampanye

Anies menilai praktik korupsi berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Menurutnya, pejabat yang korup menimbulkan kesengsaraan bagi rakyat.

Oleh karena itu, Anies bertekad membasmi korupsi, salah satunya dengan menguatkan KPK. Dia menjamin KPK independen jika ia terpilih menjadi presiden RI. Selain itu, mendorong pengesahan RUU Perampasan Aset.

Komitmen serupa juga dimiliki oleh capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo. Baginya, upaya pemberantasan korupsi harus diiringi sikap tegas pemimpin negara. Dia juga berjanji bakal mengirim para koruptor ke lapas Nusakambangan jika kelak menjadi RI-1.

"Penguatan KPK, membikin KPK makin independen, dan kita bawa pejabat yang koruptor ke Nusakambangan agar kemudian dia bisa memahami, mengerti untuk tidak melakukan," tutur Ganjar dalam Kuliah Kebangsaan di Convention Hall Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Kabupaten Cirebon, Jumat, 8 Desember 2023.

Klaim Tahu Pejabat yang Korupsi, Natalius Pigai: Saya akan Ludahi!
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait