Jitunews.Com
10 Desember 2023 15:31 WIB

Kritik Pemerintah soal Pembangunan IKN, Presiden PKS: Kita Masih Punya Banyak PR yang Belum Selesai

Ahmad Syaikhu ragu pemindahan ibu kota negara membuat pembangunan di Indonesia bisa merata.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu (pks.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Presiden PKS Ahmad Syaikhu meragukan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara sebagai solusi pemerataan pembangunan. Dia mengingatkan pemerintah mengenai banyaknya persoalan yang belum ditangani dengan baik, salah satunya kemiskinan.

“Solusi pemerataan adalah pindah ibu kota? Apa iya? Kita masih punya banyak PR yang belum selesai. Angka kemiskinan, pengangguran, harga kebutuhan pokok yang mahal, dll,” kata Ahmad Syaikhu dalam keterangan tertulisnya, disitat Minggu, 10 Desember 2023.

Anggota DPR RI itu menilai pemerataan bisa dicapai dengan membangun seluruh daerah di Indonesia, bukan menumpahkan mega anggaran negara hanya pada satu kota.



PKS Tolak RUU DKJ karena Prosesnya Ugal-ugalan

“Jika solusinya adalah membangun? Bangunlah seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Ahmad Syaikhu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pembangunan IKN bertujuan untuk menciptakan pemerataan ekonomi dan menumbuhkan titik ekonomi baru. Kendati begitu, ia menekankan perlunya proses yang tidak singkat untuk menggapai tujuan itu.

“Pemerataan ekonomi, pemerataan penduduk, menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, saya kira arahnya ke sana. Tapi ini kan tidak sehari-dua hari, setahun-dua tahun,” terang Jokowi di Hutan Kota JIEP, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta, Rabu, 29 November 2023.

Jokowi kemudian menjelaskan, sebesar 58 persen produk domestik bruto (PDB) ekonomi Indonesia terdapat di Pulau Jawa. Dia meyakini keberadaan IKN dapat menambah titik perekonomian baru sehingga tidak lagi Jawa-sentris.

Ganjar Mendadak Pro-Jokowi, Waketum Garuda: Jelas Akal-akalan untuk Naikkan Elektabilitas
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait