Jitunews.Com
8 Desember 2023 17:41 WIB

Politikus Golkar Sebut Cak Imin Gagal Paham soal Program Kartu Prakerja

Nusron menyebut Kartu Prakerja terbukti meningkatkan kemampuan masyarakat.

Nusron Wahid (dpr.go.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Calon wakil presiden Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melontarkan kritik program Kartu Prakerja soal menonton YouTube. Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabow-Gibran, Nusron Wahid, menilai Cak Imin gagal paham.

"Kayaknya gagal paham model pembelajaran dan pelatihan terbaru yang efektif dan efisien," kata Nusron kepada wartawan, Jumat (8/12).

Politikus Golkar ini menyebut Kartu Prakerja terbukti meningkatkan kemampuan masyarakat.



Cak Imin: Insyaallah Kali Ini Guru akan Menjadi Presiden RI Tahun 2024

"Program ini terbukti efektif telah berhasil memberikan skilling, up-skilling, re-skilling. Serta mendapatkan penghargaan internasional," katanya.

Menurutnya, Cak Imin berharap program ini ada di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

"Mungkin Cak Imin berharap sejak awal program ini ada di Kemnaker yang Menterinya PKB. Oleh pemerintah dibuatkan unit khusus dibawa Kemenko Perekonomian," katanya.

Nusron mengatakan bahwa jika program Kartu Prakerja ada di Kemnaker maka bisa menimbulkan masalah.

"Karena masih ada isu governancy di dalam internal Kemnaker. Temuan BPK dan sorotan aparat hukum banyak. Kalau ditaruh di sana (Kemnaker) nanti masalah," pungkasnya.

Sebelumnya, Cak Imin akan mengevaluasi program Kartu Prakerja jika menang di Pilpres 2024. Cak Imin kemudian melontarkan kritikan pada program tersebut.

"Waktu kami jadi menteri ketenagakerjaan menawarkan 2, skill sama prakerja. Tujuan prakerja itu pemagangan sebetulnya. Lah kok ini jadi nonton YouTube bayar," ujarnya.

"Prakerjanya itu nonton YouTube dibayar dan yang bikin YouTube dibayar nah padahal itu urgensinya apa? Transisi antara dua dunia. Pendidikan lulusan-lulusan SMK, SMA, S1 yang magang ke dunia kerja. Di situ uang negara dikeluarkan agar industri yang menjadi sasaran pemagangan ini tidak bangkrut tapi ter-support oleh program negara," tambahnya.

Yakin dan Optimis dengan AMIN, Cak Imin: Mau Gabung Aja Susahnya Minta Ampun
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait