Jitunews.Com
6 Desember 2023 10:27 WIB

The Catchfish, Co. Hadir Dalam Membuat Kemajuan Yang Efisien Dalam Pengolahan Ikan Lele Yang Sederhana Dan Praktis

The Catchfish, Co. Hadir Dalam Membuat Kemajuan Yang Efisien Dalam Pengolahan Ikan Lele Yang Sederhana Dan Praktis

The Catchfish (Istimewa)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek, berkomitmen untuk mendukung penguatan perekonomian Indonesia mewujudkan Indonesia dengan tingkat ekonomi yang kuat dengan mencetak SDM wirausaha melalui program pengembangan wirausaha di perguruan tinggi. Mahasiswa merupakan aset bangsa yang potensial untuk didorong dalam meningkatkan minat, bakat, kreativitas dan inovasinya dalam bidang wirausaha, oleh karena itu Direktorat Belmawa, Ditjen Diktiristek menginisiasi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

P2MW 2023 merupakan program penguatan ekosistem kewirausahaan di Perguruan Tinggi berupa pembinaan, pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW. Mahasiswa peserta P2MW berkesempatan untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berwirausaha di perguruan tinggi. Program ini sangat penting bagi perguruan tinggi dan mahasiswa dalam mencetak mahasiswa wirausaha serta membentuk ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi.



Berapa Panjang Caption Instagram Terbaik?

Hisar Simarmata (2301926604), binusian yang berasal dari jurusan Hubungan Internasional dan merupakan binaan BINUS incubator dengan bisnisnya The Catchfish.co berhasil mendapatkan pendanaan sebesar Rp. 18.940.000 dan juga berhak hadir dalam event Nasional Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII.
Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII Tahun 2023 dengan mengusung Tema “Entrepreneurs in disruption era: adaptation, innovation dan collaboration” mempunyai target terwujudnya ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi dan menyediakan wadah untuk memfasilitasi mahasiswa wirausaha Indonesia ini, serta merupakan bagian rangkaian kegiatan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023. Tujuan diadakannya kegiatan ini, supaya mahasiswa Wirausaha Indonesia dapat terhubung satu sama lain, dan menjadi wadah komunikasi, silaturahmi, dan edukasi sesama untuk wirausaha Indonesia yang lebih maju.

The Catchfish.co merupakan usaha budidaya dan juga dapat bergerak di bidang makanan karena olahan ikan lele sebagai komoditi utama dapat menjadi bahan untuk makanan-makanan khas daerah. Kenapa ikan lele? Ikan lele merupakan salah satu komoditas budidaya yang memiliki berbagai kelebihan, diantaranya adalah pertumbuhan cepat dan memiliki kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan yang tinggi. Permintaan ikan lele mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini menyebabkan produksi ikan lele juga mengalami peningkatan. Pembangunan suatu negara tidak luput dari sektor pertanian. Subsektor pertanian di Indonesia di bagi menjadi pertanian pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan.

Sebagai negara yang melakukan ekspor ikan, Indonesia memiliki posisi yang sangat terbilang strategis agar tetap melakukan peningkatan dan melebarkan koneksi produksinya. Perikanan darat termasuk produksi lele merupakan salah satu isu yang potensial. Worldfish sendiri memprediksi bahwa perikanan budidaya menjadi sektor perikanan yang paling berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Berhasilnya pembudidayaan dan produksi lele membawa Indonesia berjaya dalam memasuki lingkup pasar Eropa meskipun bukan termasuk dalam kategori pertama, namun hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan Indonesia dalam memperluas produksi perikanan. Tindakan ekspor ini awalnya dilakukan di tahun 2013, di mana faktanya adalah produk ekspor perikanan Indonesia umumnya sangat susah untuk terjun di dalam pasar Eropa. Hal ini disebabkan oleh adanya alur standar yang ketat dari produk kawasan itu, juga mencakup labelling. Oleh karena itu, pencapaian tersebut harus didukung dan the catchfish.co harus bersiap menerima tantangan yang akan di lanjutkan ketika meng-ekspor produk olahan lele.

Kategori usaha The Catchfish,co berfokus pada bidang produksi makanan olahan hasil air tawar yang memanfaatkan kekayaan alam yang berlimpah salah satunya Lele yang berada di Dramaga, Bogor - Jawa Barat. Dengan tujuan membudidayakan para petani di Bogor – Jawa Barat dan meningkatkan ekonomi di daerah serta memberikan peluang pekerjaan di daerah Bogor – Jawa Barat.

VegForU Bisnis Agriculture Oleh Generasi Muda
Halaman:
  • Penulis: Vicky Anggriawan

Rekomendasi

 

Berita Terkait