Jitunews.Com
3 Desember 2023 12:00 WIB

Hari Disabilitas Internasional, Ganjar Pranowo Janji Akan Tingkatkan Sekolah Inklusif

Ganjar menginginkan disabilitas mendapatkan akses serupa dengan warga lainnya

Ganjar Pranowo (Istimewa)

MATARAM, JITUNEWS.COM - Memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diperingati setiap tanggal 3 Desember,
Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo  mengunjungi warga disabilitas di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mendengar aspirasi mereka, dan menyampaikan program unggulan terkait para penyandang disabilitas.

Ganjar menginginkan disabilitas mendapatkan akses serupa dengan warga lainnya. Sehingga, sikap diskriminatif bisa dihilangkan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Hal itu sangat penting, karena untuk menjamin harapan agar dapat diwujudkan dalam pemerintahan mendatang," kata Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, di Poonar Sport Centre, Mataram, NTB, Minggu (3/12/2023).



Anies Anggap IKN Lebih Bermanfaat bagi Aparat Ketimbang Rakyat

Menurutnya, berbagai program unggulan untuk mendukung teman-teman disabilitas diperlukan agar lebih berdaya dengan tersedianya akses pendidikan yang berkualitas bagi warga disabilitas melalui peningkatan sekolah inklusif, peningkatan kuantitas dan kualitas SLB, dan menyediakan beasiswa khusus bagi warga disabilitas.

Selain itu program lainnya yang menjadi unggulan pasangan Capres Ganjar Pranowo, Cawapres Mahfud MD yaitu terkait akses lapangan kerja dan UMKM yang inklusif.

"Pemberian insentif dan konsesi bagi
perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas," tuturnya.

Dan menurutnya, akses kesejahteraan sosial yang juga menjadi program unggulan Ganjar-Mahfud. Terutama terkait kesehatan yang menjadi harapan masyarakat.

Seorang penyandang disabilitas ragam tuna daksa bernama Zaenal Abidin mengaku senang dengan kehadiran Ganjar Pranowo. Pria dari Sembung, Narmada, Lombok Barat ini mengaku bahagia bisa dipertemukan langsung dengan sosok Ganjar Pranowo.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat Zaenal dalam perjuangannya menjalani aktivitas sehari-hari, Ganjar memberikan kursi roda untuk Zaenal.

"Terus semangat menjalani aktivitas ya pak. Untuk memudahkan menjalani kegiatan, saya hadiahkan kursi roda untuk bapak, semoga bermanfaat ya pak," ucap Ganjar kepada Zaenal.

"Saya bersyukur dan berterima kasih, dengan sudah ada kursi roda ini. Kedepannya pasti lebih mudah aksesnya dengan adanya kursi roda ini. Semoga nanti akses jalannya juga lebih dipermudah. Karena kami saat ini untuk akses jalan yang kami lalui sulit," ujar Zaenal sambil menghampiri kursi roda pemberian Ganjar dan langsung menggunakannya.

Sontak, adanya pernyataan dari Zaenal itupun disambut oleh Ganjar. "Nah ini pernyataan bagus, ini bagus untuk disampaikan, jadi nanti agar kedepannya teman-teman ini bisa lebih mudah, tolong pemerintah daerahnya, agar akses diberikan yang sama, untuk lebih mempermudah lagi," tuturnya.

Seorang pelukis bernama Mandra yang merupakan seorang disabilitas juga mengaku kagum dengan sosok Ganjar Pranowo. Ia hadir untuk memberikan hadiah kepada Ganjar Pranowo, berupa lukisan bergambarkan wajah dari Ganjar Pranowo.

Bertepatan HDI ini, Capres Ganjar Pranowo juga melakukan dialog langsung dengan para penyandang disabilitas se-Indonesia melalui perwakilan dari 38 provinsi. Komunikasi Ganjar Pranowo berlangsung melalui teleconference bersama teman-teman penyandang disabilitas.

Kegiatan diminggu pagi ini, Ganjar mengawali kegiatan melakukan olahraga pagi dan menyapa masyarakat di Car Free Day (CFD). Ribuan masyarakat terlihat antusias menyambut Capres nomor urut 3 tersebut.

Diperingati Setiap Tanggal 3 Desember, Mengenal Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Hari Disabilitas Internasional
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait