Jitunews.Com
2 Desember 2023 14:21 WIB

Format Debat Pilpres 2024 Berbeda dari Pilpres 2019, KPU Beberkan Alasannya

KPU menegaskan tiga paslon menyepakati aturan debat.

Pengundian nomor urut paslon di KPU, Selasa (14/11) (Tangkapan Layar YouTube KPU)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Format debat capres-cawapres pada Pilpres 2024 berbeda dengan Pilpres 2019.

Pada Pilpres lalu, format debat capres-cawapres lebih variatif. Debat khusus capres digelar 2 kali, khusus cawapres 1 kali, dan capres-cawapres bersamaan 2 kali.

Lain halnya dengan Pilpres 2024. Rencananya, KPU bakal menghadirkan capres-cawapres secara bersamaan dalam 5 kali debat.



Data Pemilih 2024 Diduga Bocor, Mardani PKS ke KPU: Jangan Anggap Sepele!

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan format debat tersebut dipilih agar masyarakat tahu sebaik apa capres-cawapres saat bekerja sama.

"Supaya publik makin yakin lah team work (kerja sama) antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," kata Hasyim kepada wartawan, Kamis, 30 November 2023.

Kendati begitu, Hasyim menerangkan porsi bicara bagi capres dan cawapres akan berbeda. Jika waktunya debat capres, maka yang lebih banyak bicara adalah capres. Begitu pun saat debat cawapres.

Berdasarkan UU Pemilu dan PKPU Nomor 15/2023, debat kontestan Pilpres terdiri dari 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres.

Hasyim memastikan aturan itu telah disepakati semua paslon. Hal ini disampaikan sekaligus menampik tudingan bahwa kebijakan tersebut merupakan pesanan salah satu paslon.

Seperti diketahui, KPU telah menetapkan jadwal debat kandidat Pilpres 2024 sebanyak lima kali. Debat perdana dihelat pada 12 Desember 2023 dan ditayangkan di stasiun TV Nasional.

Dalam waktu dekat, KPU akan mendiskusikan format debat yang bakal diterapkan dengan setiap tim kampanye.

Adapun Pilpres 2024 diikuti oleh tiga pasangan, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming (2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md (3).

Soal Dugaan Kebocoran Data Pemilih 2024, Ma'ruf Amin Minta KPU Serius Jaga Kerahasiaan
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait