Jitunews.Com
2 Desember 2023 05:20 WIB

Janji Tak Gunakan Buzzer Jika Menang Pilpres 2024, Anies: Merusak Demokrasi

Anies menilai harus ada solusi yang perlu dibahas bersama agar buzzer tidak menerobos prinsip-prinsip kebebasan berpendapat.

Anies Baswedan (X/@aniesbaswedan)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Calon Presiden nomor urut satu, Anies Baswedan berjanji tidak akan menggunakan buzzer jika dirinya menjadi pemanang di Pilpres 2024. Buzzer, kata dia, hanya merusak demokrasi.

"Jadi kami merasa ke depan juga enggak akan dipakai (buzzer). Menurutnya itu merusak(demokrasi). Merusak sekali,"kata dia di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Anies menilai harus ada solusi yang perlu dibahas bersama agar buzzer tidak menerobos prinsip-prinsip kebebasan berpendapat.



Anies dan Cak Imin Jelaskan Arti dari Pose Hormat di Surat Suara

"Karena di satu sisi kita ingin menjaga kebebasan berekspresi itu jangan sampai hilang. Di sisi lain kita ingin ada dunia informasi yang tidak diisi dengan post truth approacah, tapi the truth," ungkapnya.

Ia pun mengaku tidak pernah menggunakan buzzer ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ia bercerita bahwa banyaknya serangan yang ditujukan kepadanya berhasil dibantahkan dengan bukti nyata.

"Kalau kemarin pakai buzzer enggak babak belur kayak begini kemarin. Kan justru kami apa adanya enggka pakai buzzer," kata dia.

LBH: Demokrasi Telah Dikooptasi Penguasa
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait