Jitunews.Com
1 Desember 2023 09:09 WIB

Tanggal 1 Desember Diperingati Hari AIDS Sedunia dan Hari Tanpa Seni

Dua hari penting itu punya tujuan yang sama.

Ilustrasi Hari AIDS Sedunia (freepik)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Hari-hari yang telah lalu tentu mengandung momen bersejarah, tak terkecual tanggal 1 Desember. Terdapat dua peringatan penting pada tanggal ini, yakni Hari AIDS Sedunia dan Hari Tanpa Seni. Seperti apa latarnya?

Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tahun pada 1 Desember. Peringatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan HIV/AIDS. Penyakit ini telah menjadi pandemi global yang telah merenggut nyawa jutaan orang.



8 Kota Dunia Dengan Kopinya Yang Terenak

Tema Hari AIDS Sedunia tahun 2023 adalah "End inequalities. End AIDS." Tema ini menekankan pentingnya kesetaraan dalam upaya memerangi HIV/AIDS.
Kesetaraan penting untuk memastikan bahwa semua orang memiliki akses yang sama ke layanan kesehatan, pencegahan, dan pengobatan HIV/AIDS.

Hari Tanpa Seni

Hari Tanpa Seni ditetapkan pada 1 Desember. Hari penting ini dipelopori oleh komunitas seni di Amerika Serikat pada tahun 1989. Tujuannya adalah menyoroti dampak HIV/AIDS pada komunitas seni.

Pada Hari Tanpa Seni, banyak tempat seni ditutup untuk menunjukkan solidaritas dengan orang-orang yang hidup dengan HIV/AIDS. Banyak orang juga berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan edukasi tentang HIV/AIDS.

Satu Tujuan

Tanggal 1 Desember memiliki dua muatan berbeda. Hari AIDS Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan HIV/AIDS, sedangkan Hari Tanpa Seni bertujuan untuk menyoroti dampak HIV/AIDS pada komunitas seni.

Namun, kedua peringatan ini pada dasarnya satu tujuanm yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan HIV/AIDS dan mendorong upaya untuk memerangi penyakit tersebut.

Cokelat Ternyata Cegah Obesitas
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait