Jitunews.Com
9 November 2023 21:11 WIB

Lebih Aman dan Efektif, Begini Cara Usir Nyamuk dengan Bahan Alami

Nyamuk termasuk serangga mengganggu sehingga harus dienyahkan.

Ilustrasi cara mengusir nyamuk dengan bahan alami (freepik/brgfx)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Nyamuk termasuk serangga paling mengganggu dan berbahaya bagi manusia. Berbagai penyakit bisa disebarkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya. Tak ayal jika kita harus mengusir nyamuk karena bisa mencelakakan.

Tak sedikit orang menggunakan obat nyamuk kimia agar terhindar dari gigitan nyamuk. Namun, obat nyamuk kimia ternyata bisa menimbulkan efek samping, seperti iritasi kulit dan gangguan pernapasan.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk. Pemakaian bahan alami ini tentu lebih aman dan efektif daripada obat nyamuk kimia.



Kesiangan Bikin Berantakan, Ikuti Tips Bangun Pagi dengan Semangat Ini

Berikut ini beberapa cara mengusir nyamuk dengan bahan alami:

  1. Minyak Esensial

Minyak esensial, seperti minyak kayu putih, minyak serai, minyak lavender, dan minyak peppermint, memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Anda dapat menggunakan minyak esensial ini untuk membuat semprotan anti nyamuk.

Caranya, campurkan 10-15 tetes minyak esensial dengan 100 ml air. Aduk rata dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan campuran ini ke kulit, pakaian, atau ruangan untuk mengusir nyamuk.

  1. Tanaman Pengusir Nyamuk

Beberapa tanaman, seperti lavender, mint, serai, dan rosemary, memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Anda dapat menanam tanaman-tanaman ini di sekitar rumah untuk mengusir nyamuk.

Ampuh! 10 Tips Cegah Kantuk pada Pagi Hari

Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait