Jitunews.Com
6 November 2023 15:40 WIB

Dukung Penyediaan Perumahan melalui BP Tapera, bank bjb Terbitkan NCD

bank bjb berkomitmen mendukung penyediaan perumahan layak dan terjangkau.

Perjanjian kerja sama bank bjb dengan BP Tapera tentang penerbitan NCD, Kamis, 2 November 2023. (bank bjb)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – bank bjb berkomitmen untuk mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam penyediaan perumahan yang layak dan terjangkau bagi masyarakat.

Komitmen bank bjb tersebut diwujudkan melalui Perjanjian Kerja Sama dengan BP Tapera. Sejak 28 Desember 2022, produk bjb Tapera diluncurkan sebagai Penyaluran Pembiayaan Perumahan Bagi Peserta Tapera.

bjb Tapera merupakan fasilitas kredit konsumtif yang diberikan bank kepada calon debitur perorangan yang telah menjadi Peserta Tapera berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR Tapera), Kredit Renovasi Rumah (KRR Tapera) dan Kredit Pembangunan Rumah (KBR Tapera).



Catatkan Laba Rp1,7 Triliun, bank bjb Lanjutkan Pertumbuhan Bisnis Sepanjang Triwulan III 2023

Guna mendukung program penyediaan rumah bagi peserta Tapera, bank bjb menerbitkan Negotiable Certificate of Deposits (NCD) tanpa melalui penawaran umum sebagai instrumen pencairan dana pembiayaan perumahan yang bersumber dari Dana Tapera.

Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi mengatakan, penerbitan NCD dilakukan sebagai sumber pendanaan untuk penyaluran pembiayaan Tapera oleh bank bjb.

"bank bjb merupakan bank pertama yang melakukan penerbitan NCD untuk dibeli oleh Dana Tapera sebagai instrumen pencairan dana Tapera," kata Yuddy dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com pada Senin, 6 November 2023.

Yuddy mengungkapkan bahwa perjanjian antara bank bjb dengan BP Tapera tentang penerbitan NCD dilakukan pada 2 November 2023 lalu.

Adapun nilai nominal NCD yang diterbitkan bank bjb untuk tahap pertama yaitu sebesar Rp20.524.318.759,- dengan tingkat diskonto 1,49% dan jangka waktu NCD selama 12 bulan yang akan diterbitkan pada 6 November 2023.

Dana hasil penerbitan NCD yang dibeli Dana Tapera tersebut digunakan untuk membiayai akad kredit rumah Tapera sebanyak 140 unit.

Penerbitan NCD, lanjut Yuddy, akan terus dilakukan bank bjb seiring dengan terus berkembangnya ekspansi bank bjb dengan produk bjb Tapera. Menurutnya, seluruh dana yang diperoleh dari NCD akan digelontorkan untuk mendukung pembiayaan Dana Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

"bank bjb senantiasa mendukung program pemerintah untuk mempermudah akses masyarakat mendapat hunian yang terjangkau. Lewat penyaluran produk bjb Tapera, kami berharap semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat memperoleh pembiayaan untuk mendapat tempat tinggal dengan skema yang sederhana dan mudah," pungkas Yuddy.

bank bjb dan Jamkrindo Jalin Kerja Sama untuk Perluas Akses Pembiayaan
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait